Danlantamal IV Ajak Masyarakat Gunakan Life Jacket Saat Berlayar

oleh -666 views
Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama R. Eko Suyatno, peragakan tata cara penggunaan Life Jacket sebagai safety keselamatan berlayar dilaut. (Ist)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Dalam kegiatan Program Peduli Keselamatan Pelayaran yang diprakarsai Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama R. Eko Suyatno, turut mengajak dan mensosialisasikan kepada masyarakat peduli keselamatan berlayar bagi pengguna transportasi di laut Kepri.

Kepedulian itu yakni dengan ditunjukannya tata cara pemakaian life jacket kepada salah satu Anak Buah Kapal (ABK) penumpang yang akan melakukan perjalanan laut tujuan Batam di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang pada Senin (6/11/2017).

Kegiatan keselamatan dilaut itu dilaksanakan serempak di seluruh pangkalan di bawah jajarannya. Program Peduli Keselamatan Berlayar diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya sosialisasi tentang keselamatan berlayar bagi masyarakat pengguna laut.

Sebagai wilayah kerja Lantamal IV, kegiatan dipusatkan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sekaligus di buka oleh Danlantamal IV.

“Sungguh suatu kehormatan dan kesempatan yang baik, momen sangat penting bagi masyarakat pengguna laut yang berada di Kepri, karena 95% wilayahnya adalah lautan dan transportasi utama baik transportasi manusia maupun barang menggunakan laut,” ujar R Eko Suyatno, Senin (6/11/2017).

Selain itu, lanjut Danlantamal, kecelakaan di laut yang menimbulkan korban jiwa dan harta benda sangat sering terjadi, sehingga perlu pencerahan kembali melalui kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran.

Melalui kegiatan itu, Eko berharap agar terwujudnya suatu komunikasi, koordinasi, harmonisasi, integrasi dan sinergi antara nelayan dan masyarakat pengguna laut lainya serta pemerintah dalam penanganan permasalahan yang terjadi.

“Tujuan ini untuk mengingatkan kembali semua pihak pemangku kepentingan, bahwa keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah sebagai regulator, tapi juga masyarakat pengguna jasa transportasi laut,” katanya.

Seperti diketahui, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka membina nelayan agar lebih mengerti aturan untuk keselamatan dalam berlayar, demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat berada di laut.

Selain memakaikan life jacket kepada ABK kapal penumpang, Danlantamal juga menyaksikan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal yang hendak melakukan pelayaran yang dilakukan Kantor Syahbandar dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang.

Danlantamal IV juga menyerahkan Buku Panduan Keselamatan Berlayar serta menempelkan stiker nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi saat mengalami kejadian di laut.

Laksamana Pertama R. Eko Suyatno menyerahkan buku panduan keselamatan berlayar. (Ist)

“Panduan ini sebagai pedoman keselamatan berlayar, di situ juga ada nomkr telepon petugas jika terjadi sesuatu di laut,” tuturnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Para Asisten Danlantamal IV, Kakuwil, Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan di lingkungan Lantamal IV.

Kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran kepada masyarakat pengguna laut juga akan dilakukan secara bergiliran di seluruh pelabuhan yang berada di Tanjungpinang. (Erwin/Rls)