Kerap Potong Pembicaraan Anies, Najwa Shihab Diprotes Netizen

oleh -1.523 views
(Foto:ScreenShot)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Presenter Najwa Shihab dihujani protes dari netizen dimedsos, saat mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di acara program Trans TV, Mata Najwa.

Mengangkat tema Tepat 100 hari kepemimpinan Anies-Sandi memimpin Jakarta, dengan topik pembahasan yang ditayangkan seperti penertiban Tanah Abang, pulau reklamasi, rumah DP nol rupiah sampai penertiban becak.

Netizen mengkritik Najwa Shihab yang selalu memotong (cut) pembicaraan Anies selaku narasumber, saat menjawab cecaran pertanyaan dari sang presenter itu, sebagaimana dilansir tribunnews.

Dari tayangan tersebut, netizen menilai Najwa kurang etika dengan cecaran pertanyaan yang dilontarkan, sehingga terlihat Anies Baswedan tak tuntas menjawab pertanyaan yang diberikan.

Kritikan terhadap Najwa Shihab tersebut berseliweran di media sosial.

Seperti pemilik akun Facebook, Mahmudah Ratna Suminar yang memprotes Najwa Shihab.

“Najwa semestinya Anda belajar lagi jurnalisme sama Karni Ilyas misalnya. Anda nanya, yang ditanya masih menjawab, belum selesai langsung disela, kadang langsung dicut di tengah jalan, sering menyimpulkan sendiri, ketika dijelaskan ngotot dengan kesimpulannya sendiri. Anda itu mewawancarai apa mau mengejudge sendiri sesuka Anda? Pemirsa itu mau tahu pendapat narasumber mbak, bukan cecaran pertanyaan tanpa jawaban yang lengkap karena dipotong-potong sesuka Anda. Beda lagi kalau narasumbernya segolongan dan sejalan dengan Anda. Contohlah Pak Karni yang memberi kesampatan dua pihak untuk memberikan klarifikasi tanpa potong seenaknya. Paling suka komentar Pak Anies, ‘Jangan merasa paling tahu, jangan merasa paling benar’, belajar lagi,” tulis netizen tersebut.

Kritikan lain juga datang dari pengguna akun Twitter @BangPino_ yang menyarankan agar Najwa membiarkan tamu menyelesaikan bicara, baru ditanggapi.

“Mba @NajwaShihab saran saya, alangkah baiknya anda sbg Host sekaligus Jurnalis belajar menjadi & memghormati narsum. Sikap kritis bagus, tp hrs bisa menempatkan kapan waktu yg tepat. Biarkan tamu menyelesaikan bicara. Sesekali jadilah pendengar yg baik,” kicau akun @BangPino_

Dalam sejumlah adegan dalam Mata Najwa, memang tampak Najwa menyela saat Anies Baswedan menjawab pertanyaan darinya.

Dari sesi tanya jawab yang diberikan, Najwa kerap menyela jawaban Anies, sampai Gubernur pun mengucapkan, “Sebentar, izinkan saya selesaikan dulu, habis ngomong-ngomong terus.”

Ada pula yang menilai bahwa tipikal orang seperti Anies memang membutuhkan pengantar sebelum menjawab suatu pertanyaan dari si penanya.

Kritikan netizen tak hanya datang pada Najwa, ada juga yang mngomentari Anies seperti pemilik akun @gepengsekali yang menuliskan cuitannya, “Ada bbrp orang yg cara jawabnya dg ngasih pengantar sblm njawab pertanyaan si penanya. Anies kemarin lakukan hal tsb,”

Sedangkan salah satu pengguna akun Twitter lainnya @Andre_Aja, membenarkan Najwa memotong ketika narasumbernya memberikan jawaban yang dinilai berbelit.

“Mbak @NajwaShihab itu kl nyiapin pertanyaan bkn nya bentar dan simple, jd kl narsum nya jawab muter2 dan ga berbobot ya emang bgsnya d potong daripada materi yg uda disiapin matang2 mubazir,” cuit akun @Andre_Aja.

Dalam tayangan, memang terlihat Anies tidak menjawab lugas pertanyaan yang dilontarkan Najwa.

Dalam sesi tanya jawab, terlihat sang Gubernur DKI sukar menjawab cecaran pertanyaan dengan tuntas, karena Najwa kerap mengulang-ngulang pertanyaan yang ditimpali kepada Anies ataupun Sandiaga.

Editor: Chandra