Kapolda Sumbar Ajak LKAAM Wujudkan Pilkada yang ‘Badunsanak’

oleh -914 views
Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal dalam deklarasi pilkada damai. (Flyer: Humas Polda Sumbar)

Patrolmedia.co.id, Solok – Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengajak Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar turut mewujudkan terselenggaranya pilkada dan pemilu secara “Badunsanak” (kekeluargaan), damai, aman, dan tertib.

Dilansir tribratanews.sumbar.polri.go.id,
orang nomor satu di kepolisian Sumbar itu juga mengajak ninik mamak di LKAAM, agar berperan serta dalam menolak sara, hoax, politik uang, narkoba, menjaga keutuhan NKRI dan Pancasila.

“Ninik mamak punya jiwa kepemimpinan dengan kearifan lokal yang artinya, tahu batu yang akan menyandung, ranting yang akan menusuk dan dahan yang akan menimpa,” kata Fakhrizal saat menghadiri Silaturahmi LKAAM yang digelar Polda Sumbar, di Ballroom Hotel Grand Ina Muara Padang, Selasa (24/4/2018).

Menurut Fakhrizal, dalam perkembangan zaman saat ini, ninik mamak harus mampu juga mencegah sedini mungkin anak, cucu, dan kemenakan dari bahaya narkoba, faham radikal, perkelahian antar suku, Hoax dan ujaran kebencian (hate speech) di media sosial.

“Untuk itu ninik mamak mengawasi, agar generasi penerus ini tak terpengaruh dari hal yang bersifat negatif,” katanya.

Disamping itu, Fakhrizal menjelaskan, 2018 ini Sumbar sudah memasuki tahun pesta demokrasi, dalam pelaksanaan pilkada di Padang, Pariaman, Padang Panjang, dan Sawahlunto.

“4 kota itu sedang menjalani tahapan kampanye, nanti 27 Juni baru pemungutan suara pemilihan wako dan wawako,” paparnya.

Dengan begitu, Fakhrizal berharap peranan ninik mamak pada pesta rakyat ini, menciptakan rasa badunsanak di tengah masyarakat.

“Beda pilihan jangan sampai menimbulkan perpecahan dan gesekan”, ucapnya.

Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Datuak Rajo Panghulu mengatakan, LKAAM juga merupakan bagian dari pemerintah yang berperan serta mengawal kebijakan dan sebagai mitra di instansi terkait.

“Untuk itu lembaga ini mendukung program pemerintah. Kami para LKAAM juga mendukung program Polri, TNI dan instansi terkait lainnya,” kata Sayuti.

Sayuti mengucapkan terimakasihnya atas kegiatan yang diadakan oleh Polda Sumbar dalam mensukseskan pilkada dan pemilu serta menjaga keutuhan NKRI.

“Maka itu, kita haruslah saling bekerja sama,” katanya.

 

Penulis: Niko Irawan
Editor: Erwin Syahril