Koarmada I Gelar Latihan Operasi Matra Laut di Fasharkan Mentigi Lantamal IV

oleh -953 views
Latops Matra Laut ini untuk meningkatkan kemampuan personel komunikasi KRI. (Foto: Penlantamal IV)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Komando Armada I (Koarmada I) TNI AL menggelar Latihan Operasi (Latops) Matra Laut Bidang Komunikasi dan Elektronika (Komlek) di Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Mentigi Lantamal IV, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

Kegiatan pada periode Triwulan III Tahun Anggaran 2018 itu berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 5 sampai 7 September 2018.

Kasatkom Lantamal IV Letkol Laut (E) Erwin Riza menjelaskan, Latops Matra Laut diikuti 31 peserta dari Guskamla Koarmada I, Satkat dan Satran Koarmada I, Lantamal IV, Fasharkan Mentigi, Lanal Batam, Lanal Tanjung Balai Karimun. Sedangkan, KRI sendiri dibuka oleh Kadiskomlek Koarmada I Kolonel Laut (E) Hadi Wuryanto dan ditutup oleh Letkol Laut (E) Erwin Riza.

Letkol Laut (E) Erwin Riza mengatakan, Latops Matra Laut ini untuk meningkatkan kemampuan personel komunikasi KRI terutama bidang Prosedur Komunikasi (Proskom) dan pemeliharaan serta perawatan alat komunikasi (Alkom).

“Dengan begitu diharapkan personel dan Alkom yang berada di KRI dan pangkalan selalu dalam kondisi siap,” kata Erwin, Jum’at (7/9/2018).

Adapun materi yang diberikan yakni Prosedur Komunikasi, Sistem Komunikasi serta Bintek dan Harwat Alkom di KRI/Pendirat. Selain itu dilanjutkan praktek di KRI Barakuda-814 dan Fasharkan Mentigi.

Erwin menekankan, ada yang harus dipedomani peserta selesai latihan agar hasilnya diaplikasikan di tempat tugas.

“Aplikasikan semua ilmu yang didapat sesuai prosedur untuk tugas harian secara profesional,” jelasnya.

Latops Matra Laut dihadiri, Kasi Binproskom Diskomlek Koarmada I Mayor Laut (P) Abdullah Rofiie, Mayor Laut (P) Provid dan Kapten Laut (P) Suswanto Sapto Adji.

Sumber: Penlantamal IV
Editor: Chandra Adi Putra