Lantamal IV Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi TNI AL ke 73

oleh -846 views
Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno memimpin upacara peringatan hari jadi TNI AL ke 73. (Foto: Penlantamal IV).

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Pangkalan Utama Angkatan Laut Lantamal IV menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut AL ke-73 di Mako Lantamal lV.

Dalam amanat yang disampaikan Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno mengatakan, hari jadi ini memiliki arti sangat penting bagi TNI AL, karena sejarah 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI AL yang dicintai dan dibanggakan ini.

Eko mengatakan, perkembangan lingkungan strategis yang sangat dinamis dewasa ini memilki implikasi yang cukup signifikan dalam mempertahankan negara.

“Kecenderungan lingkungan strategis semakin sulit diprediksi kerena ketidakteraturan dan ketidakstabilan,’ kata Eko saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut AL ke-73 Mako Lantamal lV, Senin (10/9/2018).

Eko menyampaikan, dinamika yang perlu dicermati dalam kurun waktu 5 tahun kedepan yakni pertumbuhan ekonomi yang berimplikasi pada perkembangan kekuatan militer khususnya di Asia Pasifik.

Dinamika ini, ia katakan, sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman yang semakin kompleks dan mulitidimensional, berupa ancaman militer, ancaman non militer dan ancaman hibrida yang dapat dikategorikan sebagai ancaman nyata dan belum nyata.

“Karena itu, menjadi TNI AL yang profesional dan mendukung Alutsista modern merupakan keniscayaan untuk menghadapi dinamika ancaman tersebut,” jelas Eko.

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal IV juga menyematkan dan memberikan piagam tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan 8, 16 dan 24 tahun kepada 3 orang perwakilan personel Lantamal IV berpangkat Tamtama dan Bintara.

Sebelumnya, Lantamal IV menggelar sejumlah kegiatan seperti ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bakti Tanjungpinang.

Peletakan karangan bunga, penghormatan arwah pahlawan, mengheningkan cipta, berdoa dan tabur bunga.

 

Sumber: Penlantamal IV
Editor: Chandra Adi Putra