WhatsApp Akan Batasi Pesan Berantai, Maksimal Pengiriman Cuma 5 Orang

oleh -518 views
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (Foto:Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Dalam waktu dekat ini WhatsApp akan menerapkan pembatasan kiriman pesan berantai atau penerusan pesan (forward messages) di Indonesia. Para pengguna nantinya hanya bisa mengirim pesan berantai dengan batas maksimal ke 5 orang saja.

Lead of Public Affair Whatsapp Carl Wog mengklaim pembatasan ini akan muncul di pembaruan aplikasi berikutnya.

“Kalau rekan-rekan mengunduh aplikasi dan update itu harusnya minggu ini sudah berlalu peraturan baru di mana kita hanya bisa mengirimkan pesan berantai ke lima orang,” kata Wog, seperti dikutip cnnindonesia, saat peluncuran program “Election Integrity” Facebook, di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019)

VP Public Policy & Communication WhatsApp Victoria Grad menyebut pembatasan pesan berantai untuk mengurangi penyebaran berita misinformaasi yang tidak jelas sumbernya.

Sekitar 90% dari pesan WhatsApp merupakan pesan privat antara 2 orang pengguna, sementara 10 persen diantaranya merupakan pesan berantai.

Grand mengatakan pesan berantai jadi bagian misinformasi yang membuat hoaks tumbuh subur.

“Mengurangi viralitas pesan WhatsApp. Jadi WhatsApp secara otomatis mengurangi penyebaran berita hoaks. Untuk mengurangi, WA menurunkan angka forwarding messages. Itu batas teman-teman chat ke orang lain. Di India cuma bisa lima,” kata Grand.

Grand mengatakan WhatAspp menemukan, penurunan perilaku pesan berantai 1 akun akibat pembatasan pesan berantai di India. Dengan adanya penurunan pesan berantai, bagi Grand akan menjaga integritas pemilu 2019 dari berita hoaks.

“WhatsApp mengerti bahwa fitur forward ini sangat penting bagi kita namun setelah WA menurunkan angka forward, ada penurunan 20 persen perilaku pesan berantai,” ujarnya.

Grand mengatakan pihaknya melakukan pembatasan pesan berantai melalui diskusi dengan berbagi pemangku kepentingan termasuk dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

“Akan diseragamkan di seluruh dunia seperti di India menjadi lima. Ini setelah berdiskusi dengan pemangku kepentingan di negara kita termasuk Kominfo. Inisiatif ini akan membawa hal positif dan membawa keamanan di platform WhatsApp,” katanya.

Editor: Chandra Adi Putra