Setelah ke Bulan Tahun 2024, NASA akan ke Planet Mars 2033

oleh -708 views
Ilustrasi planet mars dari orbitnya. (Foto: Wikimedia Commons)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Badan penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan setelah rencana mengirim astronaut ke Bulan tahun 2024, mereka akan fokus pada Planet Mars.

Dilansir Cnnindonesia.com dari AFP, NASA telah mengonfirmasi bahwa mereka ingin manusia Bumi bisa mencapai Mars pada 2033. Administrator NASA Jim Bridenstine mengungkapkan untuk mencapai tujuan Mars, mereka perlu bekerja lebih cepat.

“Kami ingin mencapai pendaratan Mars pada 2033,” kata Bridenstine kepada anggota parlemen di sidang kongres di Capitol Hill.

“Kami bisa naik ke pendaratan Mars dengan memindahkan pendaratan di Bulan. Bulan adalah tempat pembuktian,” tambah mantan anggota Kongres dari Partai Republik, yang ditunjuk oleh Presiden Donald Trump.

NASA berlomba untuk memberlakukan rencana Trump untuk mengumumkan bahwa jadwal menempatkan manusia di Bulan dimajukan menjadi 2024. Tanggal baru ini signifikan secara politis. Pasalnya, tahun tersebut itu akan menjadi tahun terakhir dalam masa jabatan kedua Trump yang akhirnya di Gedung Putih.

Banyak ahli dan anggota parlemen khawatir bahwa NASA tidak dapat memenuhi tenggat waktu, terutama mengingat keterlambatan besar dalam pengembangan roket baru, Space Launch System, yang sedang dibangun oleh raksasa kedirgantaraan Boeing.

Setiap misi ke Mars akan memakan waktu setidaknya dua tahun, mengingat jarak yang harus ditempuh. Untuk sampai ke sana sendirian akan memakan waktu enam bulan, dibandingkan dengan tiga hari yang dibutuhkan untuk mencapai Bulan.

Jadi Mitra NASA, Kanada Sumbang US$1,5 Miliar Dukung Manusia ke Bulan