TKN: Jokowi akan Tambah Kawasan Ekonomi Khusus Batam

oleh -1.299 views

Dari sekitar 200 Vessel dan 150 tanker per hari yang lalu lalang, Erick mengatakan ada sekitar 72 persen kapal tanker melalui jalur Selat Philips dan sisanya 28 persen via Selat Makasar dan Selat Lombok.

Perputaran uang di Selat Malaka dan Selat Philips berkisar antara US$84 miliar sampai US$250 miliar dolar Amerika Serikat per tahun.

Jokowi pun menyadari bahwa Batam merupakan wilayah terdepan perbatasan negara, sehingga strategis baik secara militer, ekonomi dan politik.

“Dengan begitu, Batam dan sekitarnya menjadi wilayah penyangga Indonesia,” ucapnya.

Direktur Konten TKN Jokowi-Ma’ruf Fiki Satari menjelaskan, apa yang dilakukan Capres 01 itu sebagai upaya menjadikan Batam yang maju, modern dan berdaya saing, sesuai dengan konsep awal pembangunan Batam untuk menyaingi Singapura.

“Batam letaknya strategis dan potensinya besar sekali, karena itu Pak Jokowi sempat gregetan dengan lambannya pengembangan Batam,” tutur Fiki.

Jokowi pun, lanjut Fiki, menyadari kalau Batam merupakan wilayah terdepan perbatasan negara, sehingga strategis baik secara militer, ekonomi dan politik. Dengan demikian, Batam dan sekitarnya menjadi wilayah penyangga Indonesia.