Foto Black Hole Pertama akan Dirilis ke Publik

oleh -1.413 views
Ilustrasi black hole atau lubang hitam supermasif (Foto: Getty)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – National Science Foundation dari Amerika Serikat menjadwalkan konferensi pers di Washington, guna memamerkan hasil proyek Event Horizon Telescope (EHT) berupa foto terkini lubang hitam atau black hole.

EHT merupakan kerja sama internasional yang dibentuk pada 2012. Ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut mengobservasi lubang hitam dan lingkungan di sekitarnya.

“Ini merupakan proyek visioner, mengambil foto pertama lubang hitam. Kami tim kolaborasi lebih dari 200 orang secara global,” kata astrofisikawan Shepherd Doeleman, direktur EHT dari Pusat Astrofisika, Harvard & Smithsonian.

Event horizon, cakrawala peristiwa, merupakan salah satu tempat terkeras di dunia. Cakrawala peristiwa merupakan titik nol dari segala benda langit – bintang, planet, gas, debu dan segala bentuk radiaso elektromagnetik termasuk cahaya – akan tersedot.

Konferensi pers ini juga akan berlangsung di Brussel, Santiago, Shanghai, Taipei dan Tokyo pada saat yang bersamaan, pada Rabu, 10 April.