Beredar Aplikasi Palsu BPJS Ketenagakerjaan, Hanya Aplikasi BPJSTKU yang Asli

oleh -4.421 views
Aplikasi BPJSTKU yang resmi bisa di download di google playstore. (Foto: Screenshot)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Akhir-akhir ini banyak beredar di Google Playstore aplikasi palsu mengatasnamakan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK), yang mana merugikan masyarakat.

Para oknum mengatasnamakan BPJSTK dengan iming-iming memberikan pelayanan yang instan seperti jasa pencetakan kartu kepesertaan, klaim JHT, aplikasi palsu dan lainnya. Mereka juga melakukan pencurian dan memanipulasi data.

Disamping itu, oknum penipuan juga tak segan meminta sejumlah uang sebagai biaya administrasi atau pelicin agar semua kebutuhan yang diinginkan masyarakat bisa diproses dengan cepat.

Bahkan ada saja korban yang kehilangan uang Jaminan Hari Tua (JHT)-nya karena telah dibawa kabur oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Dilansir dari situs BPJSTK, pemerintah mengimbau masyarakat khususnya peserta BPJSTK untuk lebih mewaspadai agar tidak menjadi korban penipuan dan harus mengetahui penggunaan situs pelayanan BPJSTK yang asli.

Aplikasi BPJSTK Palsu yang Beredar

Untuk memudahkan pelayanan dan penyampaian pada program-program BPJSTK kepada masyarakat, pemerintah memanfaatkan teknologi canggih dengan menghadirkan berbagai macam sarana. Misalnya saja sosial media, website, aplikasi dan sebagainya.

Namun, pesatnya perkembangan teknologi ini tak hanya dimanfaatkan untuk berbagai hal positif saja, melainkan ada pula sekelompok oknum yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk penipuan yang merugikan banyak orang, seperti yang dialami BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini telah ditemukan 3 aplikasi palsu di Google Playstore mengatasnamakan BPJSTK untuk meraup keuntungan. Diantaranya adalah, Ku BPJS, Saldo JHT On Line dan Iman Ethika.