97 Calon Prajurit TNI AL Lantamal IV Ikuti Tes Psikologi

oleh -612 views
Calon prajurit TNI AL di Lantamal IV mengiktui tes psikologi. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Tanjungpinang – Sebanyak 97 calon prajurit TNI AL gelombang II Panda Tanjungpinang mengikuti tes psikologi di Gedung Serba Guna (GSG) Serasan Rumkital Dr.Midiyato Suratani, Tanjungpinang, Jumat (16/8/2019).

Dari 97 peserta 54 pria diantaranya calon bintara (Caba), 16 caba perempuan dan 27 orang calon Tamtama.

Sebelumnya, mereka telah mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjar), namun yang dinyatakan lulus sebanyak 97 orang dari 184 peserta.

Pada pelaksanaan tes psikologi ini, para peserta harus melalui 2 tahapan. Pertama, tes psikologi I dan tes psikologi II yang dipandu oleh tim penguji dari Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) diketuai Letkol Laut (KH) Drs. GM. Kussardoyo selaku Kasi Lapsimen Dispsial

Tes ini juga dibantu 2 perwira Dispsial yakni Mayor Laut (KH) Lutfi Suryo Waskito dan Letda Laut (KH/W) Dhanis Adi Margawani.

Berita terkait: 

Jelang tes psikologi, panitia mengecek dan mengarahkan peserta guna meminimalisir terjadinya kesalahan saat tes psikologi.

Asisten Peronil (Aspers) Danlantamal IV Kolonel Laut (K) Acep Maksum menyebutkan, tes psikologi merupakan rangkaian seleksi untuk menyaring dan menilai para calon bintara pria dan perempuan serta tamtama TNI AL di Kepri.

“Proses rekrutmen prajurit ini dilakukan secara profesional, objektif, dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi guna mendapatkan calon prajurit TNI terbaik asal Kepri,” kata Acep.

Nantinya, setelah dinyatakan lulus tes psikologi, para peserta akan menjalani tes mental ideology (MI), Kesehatan Tahap II hingga penentuan tahap akhir daerah (Panthukirda), sebagai tes lanjutan mereka.

“Terakhir jika dinyatakan Lulus panda, calon akan di kirim ke Panitia Pusat (Panpus) di Malang Jawa Timur,” kata Acep.

Editor: Niko Irawan