Napi Lapas Solok Dapat Kado Remisi di Momen HUT Kemerdekaan RI ke 74

oleh -1.958 views

Disamping itu, Reinier menyebut kondisi Lapas perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah. Lapas yang kelebihan penghuni di atas 100% saat ini menjadi sumber segala permasalahan, bahkan terkadang menjadi alasan pembenar terhadap terjadinya penyimpangan di Lapas.

Lapas juga banyak digunakan sebagai pengendalian peredaran narkoba, penyalahgunaan ponsel dan pungutan liar yang terjadi.

“Semuanya berakar pada masalah kelebihan penghuni. Maka itu, kita harus membangun awareness, agar kita tidak selalu menjadi bulan-bulanan,” kata Reinier.

Program Revitalisasi Penyelenggaraan

Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan yang menjadi pilihan untuk solusi penyelesaian permasalahan pemasyarakatan harus mampu menyentuh berbagai program pembinaan sehingga dapat mengantarkan mereka menjadi manusia yang berkualitas.

“Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas saat ini adalah SDM yang masih terabaikan,” kata Reinier.

Ia mengatakan, kelebihan isi penghuni menunjukan bahwa Lapas sebenarnya memiliki aset dan potensi yang luar biasa untuk mendukung berjalannya kegiatan yang bersifat massal, seperti kegiatan ekonomi kreatif.

Reinier pun berpesan, kepada warga binaan yang mendapat Remisi, khususnya yang bebas hari ini, diminta meningkatkan keimanan sebagai landasan dalam menjalani kembali kehidupan di tengah keluarga dan masyarakat.

“Jadilah insan yang taat hukum, insan yang taat hukum, insan yang berakhlak dan berbusi luhur, serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan,” tuturnya.