HIPO Kepri Dorong Pelaku UMKM Untuk Ekspor Produk

oleh -1.623 views

Patrolmedia.co.id, Batam – Organisasi Himpunan Pengusaha Online (HIPO) Internasional Kepri menyelenggarakan Seminar UMKM bertema ‘Cara Mudah untuk Ekspor’. Kegiatan tersebut rangkaian dari Workshop HIPO Academy yang telah digelar sebelumnya di berbagai provinsi di Indonesia.

Pada seminar ini HIPO mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di tanah Melayu dapat bersaing dan memasarkan produk unggulnya ke luar negeri.

Sekjen Rumah UMKM DPP HIPO Pusat Triyanto
mengatakan pengusaha yang mengikuti seminar ini sudah memiliki produk unggulan. Hanya kebanyakan dari mereka belum bisa ekspor produk dikarenakan standar dan perizinan.

Ia mengakui masih banyak persoalan yang harus dipenuhi pengusaha UMKM. Misalnya standar kelayakan, kemasan (packaging), legalitas dan pasar ekspor.

“Kita akan bantu agar mereka (pengusaha (UMKM) sampai bisa ekspor produk. Untuk itu kita besinergi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk memudahkan para UMKM untuk ekspor,” kata Triyanto, saat menjadi pemateri Seminar UMKM di Golden Prawn Restaurant, Bengkong Laut, Batam, Selasa (10/12/2019).

Kegiatan serupa, kata Tri, akan kembali digelar. Ia berharap pelaku UMKM di Kepri khususnya Batam nantinya sudah mampu memasarkan produk secara ekspor.