Mulai 8 Juni Ini, 16 Daerah di Sumbar Jalani New Normal

oleh -2.558 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meninjau Sumbar di Pasaman Barat untuk memperketat arus masuk ke provinsi setempat, beberapa waktu lalu. (Foto: Liputan6)

Patrolmedia.co.id, Solok – 16 daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan menghadapi new normal dan Aman Covid-19. Tatanan hidup baru produktif itu mulai dijalankan besok Senin, 8 Juni 2020.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat Vicon membahas Penetapan Penerapan Tatanan Kehidupan Baru Produktif dan Aman Covid-19 Provinsi Sumbar, Minggu (7/6/2020).

“Sebelumnya, Bukittinggi sudah memulai new normal pada 1 Juni 2020, sedangkan Kota Padang masih meminta waktu untuk persiapan hingga 12 Juni 2020, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai menunda sampai 21 Juni 2020,” kata Irwan.

Ia mengatakan tatanan hidup baru produktif dan aman Covid-19 akan menjadi keniscayaan yang harus dihadapi, baik cepat maupun lambat.

Maka penjagaan di perbatasan dan pintu masuk Sumbar dari darat, laut dan udara akan diperpanjang sampai 28 Juni 2020.

“Ketika Tatanan Kehidupan Baru Produktif dan Aman Covid-19, pastikan para pelakunya negatif Covid-19, seperti pariwisata, pasar, pendidikan, dan seluruh bidang lainnya,” kata Irwan.

Irawan meminta para kepala daerah menggerakkan warganya sampai ke tingkat terbawah.

Menurutnya keterlibatan RW dan RT sangat dibutuhkan agar tetap menyiapkan diri dalam menerapkan Protokol Kesehatan.

“Apalagi, saat ini poin kesadaran masyarakat hanya 25%. Untuk itu, bupati dan wako diminta membentuk aturan tegas dalam disiplin Protokol Kesehatan Covid-19,” jelasnya.