Sekolah di Sumbar Direncanakan Akan Buka Kembali Pada 13 Juli 2020

oleh -1.132 views
Ilustrasi siswa sekolah menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki lingkungan sekolah, guna mengantisipasi penularan covid 19. (Foto: Xinhua/Peng Ziyang)

Patrolmedia.co.id, Solok – Persiapan kegiatan belajar mengajar di sekolah di Sumatera Barat (Sumbar) direncanakan akan dibuka kembali pada 13 Juli 2020. Hal itu seiring dengan masuknya tahun ajaran baru pendidikan tahun ajaran (TA) 2020/2021.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pada awal Juli mendatang, pihaknya akan mengundang rapat seluruh Kepala Daerah se-Sumbar untuk membahas terkait persiapan proses belajar mengajar di sekolah.

“Keputusan nanti hanya dua, belajar daring atau tatap muka evaluasi akan dilakukan tiap bulan,” kata Irwan saat vicon evaluasi sepekan penerapan new normal dan aman Covid-19, Senin (15/6/2020).

Vicon juga diikuti Wali Kota Solok Zul Elfian, membahas 5 agenda yakni, Evaluasi Sepekan Berjalannya Tatanan Kehidupan Baru Produktif dan Aman Covid-19, Penanganan Covid-19 di era new normal, Pemulihan Ekonomi, Persiapan menghadapi Tahun Ajaran Baru Pendidikan dan Persiapan Pilkada 2020.

Irwan melanjutkan, negara yang telah membuka lockdown, paling banyak yang menularkan virus Covid-19 adalah di sekolah.

Namun, kata Irwan, sampai saat ini masih banyak pihak yang mengusulkan agar proses belajar mengajar tidak dilakukan secara bertemu dan tatap muka.

“Jadi untuk bidang pendidikan, kita hanya punya dua pilihan. Belajar tatap muka atau dirumah, kita harus memikirkan dengan matang apa yang harus dilakukan kedepan,” kata Irwan.

Terkait evaluasi sepekan berjalannya tatanan hidul normal baru, Irwan menyebut hingga 14 Juni ini, estimasi Reproduction Number (RT) Covid-19, selu dibawah 1.