Kentura, Istri ke 3 Nabi Ibrahim yang Berasal dari Nusantara

oleh
Ilustrasi nenek moyang bangsa Bani Jawi. (Foto: Islamindonesia)

Patrolmedia.co.id – Seperti yang kita ketahui selama ini, dalam sejarah dijelaskan bahwa Nabi Ibrahim memiliki 2 istri. Pertama adalah Sarah dan istri ke 2 adalah Siti Hajar.

Para ulama bidang sejarah menyebut nabi Ibrahim atau Abraham juga memiliki istri ke 3 bernama Kentura / Qanturah yang berasal dari Nusantara (Indonesia saat ini).

Apakah kenturah juga memiliki hubungan silsilah keturunan bangsa Melayu?

Dalam Kitab Bidayah wan Nihayah karya Imam Ibnu Katsir, seorang Ahli tafsir terkemuka menyebutkan:

”Anak pertama Nabi Ibrahim adalah Nabi Ismail dari istri bernama Hajar Al-Qibtiyah Al-Misriyyah. Kemudian lahirlah Nabi Ishaq dari istri Ibrahim Sarah Binti ‘Am Al-Khalil, kemudian Ibrahim menikah setelahnya dengan istri Qanturah binti Yaqthan Al-Kin’aniyah, Maka Qanturah melahirkan 6 orang anak, bernama Madyan, Zimran, Suraj, Yuqsan, Nusyaq dan anak yang ke-6 tidak diketahui namanya. Sedangkan Istri ke-4 beliau adalah Hajun binti Amin, kemudian ia melahirkan anak sebanyak 5 orang, yaitu Kisan, Suraj, Amim, Luthan, Nafis. Semua penjelasan ini telah disebutkan oleh Abu Qasim As-Suhaili didalam kitabnya At-Takrif wal I’lam.

Dalam Alkitab, Kentura dan ke enam anaknya, Zimran, Yoksan, Medan, Midian, Isybak dan Suah juga dijelaskan dalam Surat Kejadian: 25. (Keturunan Abraham dari Ketura).

Namun untuk istri ke 4 Nabi Ibrahim,
Hajun binti Amin, tak banyak riwayat dalam buku maupun kitab yang menjelaskan tentangnya.

Baca juga: