Wali Kota Solok Tak Hadir, Gedung Kerapatan Adat Laing Gagal Diresmikan

oleh -6.732 views

“Hal itu untuk dikembalikan kepada posisi adatnya bahwa taluak itu berada di lareh koto piliang dengan bukti-bukti peninggalan yang masih banyak berada di taluak kelurahan Laing, acara alam adatnya juga begitu,” Papar Datuk Katumanggungan ini.

Bagaimana tanggapan dengan tidak hadirnya Pemko Solok terkait peresmian gedung KAN?

“Ada beberapa perwakilan Pemko Solok seperti Kepolisian, TNI, Kemenag dan pak Lurah Laing yang hadir, pemimpin daerah, seperti walikota, ketua DPRD tidak hadir, mungkin ada halang, itu biasa,” katanya.

Pada dasarnya, kata Tengku, pihaknya bergaral Pemko Solok seharusnya menjadi mediator, kalau memang ada miskomunikasi antara ninik mamak atau KAN Lubuk Sikarah agar bisa duduk bersama dengan KAN Taluak.

“Jangan sampai pemerintah mau di intervensi oknum yang mengatasnamakan ninik mamak, tapi ketika duduk di medan bapaneh, oknum itu tidak ada dan duduk dibalai-balai, ia tidak ikut tapi gadang di organisasi minangkabau,”

“Secara limbago adat tidak bisa di intervensi oleh organisasi adat,” pungkasnya.

Pengamatan Patrolmedia.co.id, adapun yang ada di peresmian itu, Datuak Parpatiah Nan Sabatang, Datuak Katumanggungan, Datuak Sri Maharajo Nan Bamego mego, Polres Solok Kota, TNI, Kemenag Kota Solok, Ketua KAN, Ninik mamak pamangku adat dan bundo kanduang nagari Taluak, Lurah Laing Mukhrizon. SH dan undangan dari nagari sekitar.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Erwin Syahril