Dewan Pers Ingatkan Media Netral di Pilkada Serentak 2020

oleh -211 views

Patrolmedia.co.id, Batam – Menjelang digelarnya perhelatan Pilkada serentak 2020 se-Indonesia, Dewan Pers mengingatkan Media harus netral dalam memberitakan paslon kepala daerah yang ikut berkontestasi.

Hal itu disampaikan Anggota Dewan Pers Jamalul Insan, saat menjadi pembicara di Webinar bersama perusahaan media di Kepri, bertema Literisasi Pemberitaan dan Mencegah Berita Hoaks di Pilkada 2020, Rabu (23/9/2020) melalui video conference.

“Kalau ada media yang tak netral atau berpihak ke salah satu paslon, masyarakat bisa melaporkan hal ini ke kita (Dewan Pers) atau ke Bawaslu,” katanya.

Selain itu, Jamalul juga menegaskan wartawan yang terlibat menjadi Tim Sukses ke salah satu paslon, maka harus non aktif dari kegiatan jurnalistik.

Memang, lanjut Jamalul, wartawan yang menjadi timses sah-sah saja tidak dilarang, sebab hal itu merupakan hak warga negara dalam proses berdemokrasi.

“Namun sesuai edaran Dewan Pers, bagi wartawan yang terlibat menjadi timses, maka harus non aktif dari aktifitas pers,” jelasnya.