Cuti Kampanye, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok Serahkan Fasilitas Negara

oleh
Wakil Wali Kota Solok Reinier menandatangani berita acara penyerahan fasilitas jabatan milik negara. (Foto: Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Solok – Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok Zul Elfian dan Reinier menyerahkan fasilitas milik negara, karena mereka akan melaksanakan tahap kampanye di Pilkada serentak 2020.

Fasilitas kedua pimpinan daerah itu diserahkan secara simbolis ke Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solok Syaiful A, ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan fasilitas jabatan Walikota dan Wakil Walikota, Jum’at (25/9/2030).

Penyerahan jabatan dan fasilitas negara dilakukan sehubungan dengan cuti kampanye di luar tanggungan negara bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mencalonkan kembali di daerah yang sama.

Hal itu sepertu tertuang pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.

Kemudian, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2016 tentang cuti Di Luar Tanggungan Negara bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, memuat ketentuan yang menegaskan bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye  harus menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota dalam menjalankan kampanye dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

Berkaitan dengan itu, sesuai dengan surat Walikota Solok Nomor 100/54/Pem-2020 dan Surat Walikota Solok Nomor 100/55/Pem-2020 tanggal 4 September 2020 Wali Kota Solok H.Zul Elfian dan Wakil Wali Kota Solok Reinier menjalankan masa cuti.

Selama cuti, Walikota dan Wakil Walikota dilarang menggunakan jabatan dan negara.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto