Dinkes Solok Gelar Workshop Pencegahan dan Pengendalian Infeksi 2020

oleh -574 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Dinas Kesehatan Kota Solok menggelar workshop pencegahan dan pengendalian infeksi tahun 2020 di hotel Taufina Kota Solok. Acara itu diadakan selama 2 hari dari tanggal 2 -3 Desember 2020.

Kedinkes Solok diwakili dr. Hidayaturrahmi mengatakan, semakin pesatnya ilmu dan teknologi di bidang medis masa kini, maka semakin kompleks pula pelayanan kesehatan di puskesmas.

“Hal itu ditandai dengan meningkatnya prosedur-posedur invasive baik untuk terapi maupun untuk pemantauan kondisi pasien. Keadaan ini akan menimbulkan dampak meningkatnya kejadian infeksi di pusat pelayanan terutama puskesmas yang dikenal dengan infeksi puskesmas atau Healthcare Associated Infections (HAIs),” kata Hidayaturrahmi.

Dalam rangka mencegah dan mengendalikan infeksi tersebut, maka Kementerian Kesehatan menyusun kebijakan dan pedoman pencegahan dan pengendalian infeksi yang harus dilaksanakan oleh semua puskesmas yang ada di Indonesia.

“Sejalan dengan amanat Puskesmas juga telah membentuk Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), menyusun kebijakan serta pedoman PPI puskesmas lain. Guna melaksanakan kebijakan dan pedoman tersebut perlu disusun program PPI untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang wajib dilaksanakan oleh Komite PPI  lewat Tim PPI  Puskesmas serta seluruh unit pelayanan baik medis maupun non medis di lingkungan  Puskesmas,” kata Hidayaturrahmi.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Kota Solok Hartini mengatakan, Infeksi akan berdampak menurunkan mutu pelayanan kesehatan pada pasien.

“Karena akan meningkatkan angka kematian dan biaya perawatan akibat semakin lamanya hari rawat serta biaya pengobatan semakin besar,” katanya.