Cepat Menular, Varian Baru Covid 19 di Afsel Menyerang Anak Muda

oleh -279 views
Ilustrasi varian baru Covid 19. (Foto: BBC World)

Patrolmedia.co,id, Jakarta РSelain di Inggris, varian baru Covid 19 yang terjadi di Afrika Selatan (Afsel) disebut sebut lebih menyerang kalangan anak muda.

Mutasi virus Corona baru ini disebut memicu lonjakan kasus kematian di Afrika Selatan.

“Varian baru ini sangat memprihatinkan, karena lebih cepat menular, dan tampaknya telah bermutasi lebih jauh daripada varian baru yang ditemukan di Inggris,” kata Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, dikutip dari AFP, Kamis (31/12/2020).

Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize, mengumumkan, virus 501.V2 menginfeksi lebih banyak anak-anak muda di sana, dibandingkan varian virus sebelumnya.

“Varian ganas dari virus Corona telah terdeteksi di Afrika Selatan yang berpengaruh pada penyebaran cepat gelombang kedua, dan menyerang orang yang lebih muda,” kata Zwelini Mkhize, Jumat (18/12/2020).

Mutasi baru virus Corona di Afrika Selatan dan Inggris rupanya juga merupakan varian yang berbeda.

“Jadi varian baru di Inggris, yang telah kami identifikasi, sangat berbeda dengan varian di Afrika Selatan, mutasinya berbeda,” kata Susan Hopkins dari Public Health England.

“Keduanya terlihat lebih mudah menular. Kami memiliki lebih banyak bukti tentang transmisi untuk varian Inggris karena kami telah mempelajarinya dengan sangat detail dengan mitra akademis. Kami masih mempelajari varian Afrika Selatan,” tuturnya.