Zul Elfian Buka Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Solok Tahun 2022

oleh -200 views
Wali Kota Solok Zul Elfian saat membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun 2022. (Foto: ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Wali Kota Solok Zul Elfian membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun 2022.

“Saat ini kita sudah memasuki dinamika pembangunan yang cukup kompleks sebagai dampak globalisasi,” ujar Zul Elfian di Aula Bappeda Kota Solok, Kamis (28/1/2021).

Ia mengatakan permasalahan pembangunan saat ini semakin rumit. Disamping memenuhi kebutuhan pembangunan dari aspirasi lokal di daerah, Solok dihadapkan dengan target pembangunan SDGs.

“Hal itu jadi tantangan tersendiri untuk lebih berinovasi dan menyusun skala prioritas meningkatkan kinerja pembangunan di kota yang kita cintai ini,” katanya.

Menurutnya, beberapa strategi yang perlu dicermati dalam rangka mendongkrak pembangunan daerah adalah melalui pengembangan perekonomian daerah, membangun sektor-sektor unggul, serta mengoptimalkan sumberdaya lokal.

“Untuk itu diperlukan pemikiran dan pemahaman positif dalam membangun konsep dan strategi pembangunan lebih terarah, terpadu, serta bersinergi antar sektor,” kata Zul Elfian.

Sejalan dengan sasaran pokok RPJPD dan isu strategis dalam RPJMD Teknokratik, prioritas pembangunan Kota Solok 2022 pada prinsipnya diarahkan untuk menuntaskan target pembangunan yang belum tercapai, diantaranya:

– Pembangunan mental masyarakat dengan pengamalan agama dalam kehidupan masyarakat

– Pengembangan UMKM,
– Pengembangan potensi unggulan daerah – Penataan kawasan pasar
– Peningkatan pembangunan SDM dan pelayanan dasar.

Selanjutnya, peningkatan sarana dan prasarana olahraga, penguatan kompetensi kepemudaan, penataan infrastruktur kota, serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.