Wawako Solok Ajak Pelaku UMKM Tingkatkan Daya Saing Produk

oleh -614 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Wakil Wali Kota Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra mengajak para pelaku UMKM di kota itu agar bisa meningkatkan daya saing produk yang akan dipasarkan.

Itu dikatakan Dhani saat membuka dialog penyusunan program pengembangan  perdagangan, koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) se Kota Solok di kantor Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok, Senin (15/3/2021).

“Pelaku UMKM harus segera menentukan sikap untuk berbenah meningkatkan efisiensi produksi dan manajemen usaha, memupuk rasa kebersamaan, meningkatkan daya saing produk, dan menciptakan iklim usaha yang kondusif, dengan harapan kita tidak tertinggal jauh dari daerah lain dan siap menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” ujar Dhani.

Ia mengatakan melalui dialog itu, bisa berbagi informasi dan menyalurkan aspirasi meningkatkan kapasitas usaha dan kelembagaan usaha melalui perencanaan program dan kegiatan pengembangan, Perdagangan, Koperasi dan UKM, dan Pasar Tahun 2022 meliputi 4 urusan, yaitu: perdagangan, koperasi dan UKM, UPTD metrologi, dan pengelolaan pasar.

“Dialog ini kelanjutan dari musrenbang kecamatan dan musrenbang kelurahan yang untuk menampung dan menjaring kembali aspirasi masyarakat sebagai pelaku UMKM dan Pasar, sehingga kita lebih fokus menyusun rencana kegiatan tahun 2022,” kata Dhani.

Dhani berharap usulan program itu nantinya dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan skala usahanya.