Zul Elfian Hadiri Silaturrahim LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN Solok

oleh -324 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Wali Kota Solok Zul Elfian menghadiri silaturrahim pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Bundo Kanduang dan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kota Solok, di Masjid Lubuk Sikarah, Sabtu (10/4/2021).

Dalam sambutannya, Zul Elfian mengapresiasi seluruh pengurus LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN Kota Solok.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena akan memasuki bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah. Menyambut Bulan Ramadhan, kita harus membersihkan diri. Salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga silaturrahim,” ucap Zul Elfian.

Ia mengatakan, peran dari LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN sangat diperlukan pemerintah dalam mewujudkan visi menjadikan Solok Kota yang diberkahi, maju dan sejahtera.

Untuk membangun pemerintahan yang baik, harus menguatkan tali tigo sapilin. Tali yang pertama yaitu niniak mamak, tali yang kedua alim ulama dan tali yang ketiga cadiak pandai.

“Sinergisitas antara Pemko Solok dengan LKAAM, Bundo Kanduang dan KAN harus tetap dipertahankan karena ketiga lembaga adat ini memiliki peran yang sangat besar dan efektif dalam membangun Kota Solok menjadi lebih baik lagi,” katanya

Apalagi, lanjut Zul Elfian, saat ini krisis budaya telah mulai mengikis kelestarian adat budaya yang merusak generasi muda Minangkabau.

Dunia telah dirasuki budaya merusak yang menjangkiti anak muda. Pergaulan negatif sangat menyolok mata. Semua elemen tidak mungkin menentang zaman.

“Tapi perubahan zaman itu seharusnya tidak menghilangkan jati diri adat dan budaya Minangkabau ditengah masyarakat,” katanya.

Senada, Wakil Wali Kota Solok Ramadhani mengatakan kegitan silaturrahim itu sangat penting artinya, apalagi dalam menyambut bulan puasa.

Dhani mengatakan Pandemi Covid-19 yang terjadi juga berdampak kepada masyarakat. Untuk itu, Dhani mengajak untuk menyukseskan program nasional vaksinasi, guna meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Apabila niniak mamak dan bundo kanduang mendengar kabar yang kurang baik tentang vaksinasi, jangan mudah percaya. Karena vaksin sudah teruji dan terjamin keamanan dan halal,” kata Dhani.

Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma juga mengapresiasi LKAAM Kota Solok yang telah menyelenggarakan silaturrahmi ini menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Says meminta LKAAM dan Bundo Kanduang untuk mengingatkan saya jika ada kesalahan dalam bekerja dan mengajak untuk bersama-sama membangun Solok lebih baik kedepannya,” kata Nurnisma.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto