Pemko Solok Distribusikan Paket Berbuka Puasa Bagi Dhuafa dan Fakir Miskin

oleh -96 views
Wali Kota Solok Zul Elfian memantau proses pendistribusian paker berbuka puasa untuk dhuafa dan fakir miskin. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Pemko Solok mendistribusikan 150 paket berbuka puasa sehari, untuk kaum dhuafa dan fakir miskin yang menjalankan ibadah puasa.

Kepala Dinsos Kota Solok Zulfadli mengatakan, pendistribusian itu kali kedua dilakukan pada bulan ramadhan.

“Setiap harinya, diturunkan 20 Tim Tugas untuk mendistribusikan bantuan paket berbuka bagi yang berhak menerima,” kata Zulfadli, Kamis (29/8/2021).

Ia mengatakan, dibanding tahun lalu, dimana bantuan paket berbuka hanya diberikan sebanyak 2 kali seminggu. Program bantuan paket berbuka tahun ini dilakukan sampai H-1 lebaran.

“Tahun lalu hanya 2 kali seminggu, isi paketnys hanya berupa nasi, tahun ini kita lengkapi dengan takjil, sehingga mereka yang menerima tidak perlu risau untuk berbuka puasa,” kata dia.

Zulfadli menyebut penyerahan bantuan paket berbuka tahun lalu hanya internal Dinas Sosial Kota Solok saja.

Pada tahun ini, lanjut Zulfadli, dana untuk bantuan berbuka puasa juga berasal dari Pimpinan Daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Solok ditambah bantuan dari pihak lain.

“Kami tidak menolak siapa saja yang ingin berpartisipasi, kami akan menerimanya dan menyalurkannya 100 %,” katanya.

Zulfadli memapar, setiap hariny tim tugas akan berbelanja, memasak, mengemas dan mendistribusikan ke penerima bantuan.

“Proses memasak dilakukan di halaman parkir Dinas Sosial dari pukul 10.00 Wib pagi sampai pukul 14.00 Wib siang,” katanya.

Ia mengatakan, pendistribusian paket menggunakan kupon yang telah disebar petugas 1 jam jelang disalurkan, mulai pukul 15. 30 Wib hingga 17. 30 wib.

“Pendistribusian kita laksanakan di depan Taman Syeh Kukut kota Solok. Kriteria kaum dhuafa sendiri terdiri dari pengemis, tukang ojek, gelandangan, anak yatim, janda,dan orang miskin. Selain itu kita juga mengantar langsung kerumah-rumah disetiap kelurahan ,” tutupnya.

Penulis: Niko Irawan
Editor: M Ichsan