Bupati Solok Susun RPJMD Bersama Sejumlah Tim Pakar

oleh -380 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Bupati Solok Capt. Epyardi Asda bersama Wakil Bupati Solok Jon Firman Pandu menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Solok, dengan menggandeng sejumlah pakar dan tim ahli dari berbagai bidang.

Adapun tim Pakar dan Ahli tersebut, dikumpulkan di Rumah Pribadi Epyardi di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Sabtu (2/5/2021).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Tim Pakar dan Ahli, Prof Werry Darta Taifur. Pakar Ekonomi Muhammad Khalid dan Ari Sukma, Pakar Pemerintahan Asrinaldi, Pakar Infrastruktur Fauzan, Pakar Pariwisata Sari Lenggogeni, Pakar Kesehata Rizanda Mahmud, Pakar Pemerintahan Heri Martinus, Pakar Pertanian Feri Arlius dan Delfi, Pakar Pendidikan Yasri dan Desmon, serta Pamong Senior Asrul Syukur. Sementara, dari jajaran Pemkab Solok penyusunan RPJMD melibatkan Sekda, Asisten 1, Asisten 2 dan Kepala Bappeda.

“Insyaallah, Saya akan memberikan SK kepada tim ini. Tim ini berisi orang-orang punya kapasitas, kapabilitas dan integritas berpengalaman menyusun RPJMD. Semua dinas akan dilibatkan. Dengan adanya orang-orang profesional dengan harapan mudah-mudahan hasil kerja ini bisa maksimal, sesuai dengan visi dan misi kami,” kata Epyardi.

Menurut Epyardi Asda, RPJMD merupakan dokumen yang mengakomodasi pemikiran dari interaksi sosial, ekonomi dan politik daerah. Menurutnya, pemikiran-pemikiran tersebut pada dasarnya bertujuan menciptakan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan.

“RPJMD ini diharapkan dapat memfasilitasi komunikasi dan peran serta para pihak dalam arti dapat mengakomodasi berbagai kepentingan yang berbeda. Selain itu, dapat dijadikan sebagai pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pencapaian kinerja, hal ini sejalan dengan perubahan paradigma tata kepemerintahan yang baik (good governance) yang menekankan antara lain pada unsur-unsur transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan adanya kepastian hukum,” ujarnya.

Usai rapat dengan Tim Pakar dan Ahli, Epyardi Asda-Jon Firman Pandu, menggelar pertemuan dengan seluruh Walinagari se-Kabupaten Solok, pada Senin (3/5/2021). Menurut Epyardi, dengan diundangnya para walinagari itu, dapat mempermudah Pemkab Solok dalam mengetahui kondisi di tingkat nagari.

“Dalam pertemuan dengan para walinagari, kami biisa mengetahui bagaimana kondisi di nagari mereka masing-masing. Apa yang menjadi kendala dan apa yang dibutuhkan masyarakat nagari. Usulannya dari para walinagari itu akan kita akomodasi dalam RPJMD,” ungkapnya. (Niko)¬†