Pemko Solok Terima Penghargaan dari Menkeu, WTP 5 Tahun Berturut-turut

oleh -298 views
Wali Kota Solok Zul Elfian mrngikuti rakernas Pelaporan Keuangan Pemerintah 2021 dan pemberian penghargaan WTP 5 kali berturut-turut secara virtual, Selasa (14/9/2021). (Foto: Ist)

Patrolmedia.co id, Solok – Pemko Solok kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan (BPK) atas laporan keuangan tahun 2021. Predikat WTP itu merupakan kali kelima yang diraih berturut-turut setiap tahunnya.

Penghargaan yang diberikan langsung dari Menteri Keuangan Sri Mulyani itu diterima
oleh Wali Kota Solok Zul Elfian didampingi Inspektur Kota Solok Kenfilka, Kepala Badan Keuangan Kota Solok Novirna Handayani di acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2021 dan pemberian penghargaan WTP 5 kali berturut-turut secara virtual, Selasa (14/9/2021).

Acara itu bertajuk “Bangkitkan Ekonomi Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi.

Selain Solok, ada juga 16 Kabupaten/Kota se Sumatera Barat meraih WTP 5 kali Berturut-turut.

Menkeu Sri Mulyani mengapresiasi pihak yang telah bersinergi kuat mewujudkan pertanggungjawaban keuangan negara secara profesional, akuntabel, dan transparan.

Menurutnya, peningkatan yang terjadi menunjukkan indikator semakin meningkatnya tata kelola termasuk pengelolaan barang milik daerah juga menjalankan fungsi dan tugas serta tanggung jawab pemerintahan.

“Saya apresiasi kepala daerah yang terus menjaga tata kelola keuangan negara, karena ini tugas kita, semoga langkah ini diridhoi Allah, bukan sesuatu yang mudah mencapai WTP, karena yang kita gunakan adalah dana publik dan harus kita gunakan dengan baik, kalau masih ada lembaga yang masih belum meraih WTP, kita berharap dapat ditingkatkan lagi laporannya sehingga memperoleh WTP,” kata Sri Mulyani.

Ia mengatakan, kementerian, lembaga dan Pemda harus mampu mengelola keuangan serta barang negara sesuai fungsin.

Apalagi, ditengah pandemi juga harus bisa mengawasi penggunaan anggaran agar tepat sasaran.

“Selama pandemi ini terjadi recofussing bahkan sampai 4x , saya ucapkan terimakasih kepada lembaga dan pemerintah daerah yang terus melakukan adjustment, karena Covid ini tidak bisa di prediksikan,” tambahnya.

Sri Mulyani menyerahkan penghargaan WTP serta Launching Buku “Mengawal Akuntabilitas PC PEN” secara virtual dilanjutkan dengan Talkshow bangkitkan ekonomi pulihkan negri, bersama hadapi pandemi.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto