Pembangunan Musholla Al Baroqah Taruko Hampir Rampung, Rusdi Saleh: Alhamdulillah Sudah 90%

oleh -544 views
Musholla Al Baroqah di Taruko Kelurahan Simpang Rumbio, Kota Solok, hampir rampung. Musholla yang dibangun Yayasan Darianis Yatim itu bakal di gunakan warga muslim di daerah itu. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Hanya butuh waktu sekitar 4 bulan, pembangunan Musholla Al Baroqah Taruko, Kelurahan Simpang Rumbio, Kota Solok, hampir rampung. Kini, mimpi warga Taruko untuk memiliki rumah ibadah yang representatif bakal terwujud.

Musola yang dibangun oleh Yayasan Darianis Yatim itu terlihat megah dengan berarsitekturkan timur tengah. Dengan bangunan beton bercat putih, kian menambah anggun bangunan yang kini sudah memasuki tahap finishing tersebut.

”Kami mulai pembangunannya dari nol. Alhamdulillah, sekarang pembangunannya sudah mencapai tahap 90%,” ujar pelaksana harian Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh Sabtu (2/10/2021).

Pelaksana Harian Yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh meninjau pembangunan Musholla Al Baroqah yang hampir rampung. (Foto: Ist)

Rusdi mengatakan, untuk mewujudkan harapan masyarakat setempat, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 2,5 Miliar. Mushalla tersebut dibangun di atas lahan seluas 14×14 meter persegi dengan satu qubah dan satu menara.

“InsyaaAllah, kapasitasnya mampu menampung sekitar 100 lebih jama’ah untuk pelaksanaan ibadah 5 waktu dan kegiatan keagamaan lainnya,” kata Rusdi.

Rusdi yang juga anggota DPRD Kota Solok itu mengatakan, ihwal pembangunan musola Al Baroqah ini berawal dari kegiatan resesnya sebagai anggota dewan ke tengah masyarakat beberapa waktu lalu di daerah tersebut.

Pada pertemuan itu, warga setempat mengeluh tidak adanya rumah ibadah yang dekat dengan pemukiman warga sekitar.

Aspirasi warga itu langsung disambut baik oleh Rusdi yang selama ini juga intens melakukan pembangunan berbagai sarana ibadah bagi kaum muslimin di Kota dan Kabupaten Solok di bawah naungan Yayasan Darianis Yatim.

Selain itu, kata dia, pembangunan musola di Taruko juga sudah melalui tim survey yang ada di Yayasan Darianis Yatim. Ia mencontohkan, kala waktu magrib masih banyak anak-anak yang berkeliaran di jalanan di daerah itu.

“Ternyata ketika ditanya, alasannya karena mereka tak punya mushola untuk mengaji di daerah Taruko ini,” ungkap Rusdi.

Atas alasan itu, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk terus meramaikan mushalla ini setiap sholat 5 waktu.

Mushola ini juga sebagai tempat bermusyawarah dan tempat mengaji bagi anak – anak setempat di masa mendatang.

Saleh bahkan menantang masyarakat setempat, apabila setiap shalat 5 waktu diramaikan jama’ah, pihak yayasan Darianis Yatim akan memberikan hadiah berupa pembangunan MDA 2 lantai.

“Bagi anak-anak yang memiliki prestasi dan tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan, kami dari yayasan akan siap membantu biaya pendidikannya,”ucap Rusdi.

Terkecuali itu, ia menegaskan kegiatan sosial yang dilakukannya selama ini adalah murni membangun kampung halaman dan tidak ada motif politik.

Pasalnya, kegiatan itu sudah dilakukan jauh sebelum dirinya masuk ke ranah politik praktis.

“Ini murni karena kecintaan kepada kampung halaman, untuk menciptakan insan yang bertaqwa dan generasi yang Qur’ani di daerah kita ini. Jangan sangkut pautkan dengan politik, nanti hilang keberkahannya,” kata pria yang terkenal dengan slogan ‘pengabdian tanpa pengecualian’ itu dengan senyum khasnya.

Penulis: Niko Irawan
Editor: M Ichsan