Ketua DPRD Solok Berikan Alat Musik Talempong ke Sanggar Lubuak Saiyo

oleh -394 views
Ketua DPRD Solok Nurnisma menyerahkan bantuan alat musik Talempong ke Sanggar Lubuak Saiyo. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma memenuhi janjinya ke perkumpulan Sanggar Lubuak Saiyo untuk bantuanalat musik tradisional Talempong.

“Talempong ini nantinya dibutuhkan untuk melestarikan seni budaya, khususnya tari piriang dan musik tradisional khas Minangkabau dengan harapan kesenian dan budaya Solok bisa terus dilestarikan oleh generasi muda kita,” kata Nurnisma, Senin (11/10/2021) diruangan kerjanya.

Ia berharap dengan dana pembelian satu set alat musik tradisional talempong itu nantinya dapat dimanfaatkan dengan baik dan bisa menjadi pemicu untuk terus mengembangkan kebudayaan di Kota Solok.

Nurnisma menjelaskan dana bantuan itu bentuk perhatian untuk terus membangun sanggar yang masih melestarikan budaya di Solok dan dapat memberi semangat ke generasi muda untuk terus berkarya.

“Mudah-mudahan dengan adanya perhatian dari kami ini bisa memberikan semangat agar tetap terus berkarya dan mengembangkan hal-hal positif bagi generasi penerus kita,” katanya.

Perwakilan sanggar Lubuak Saiyo Gurun Bagan, Kaslan berterima kasih kepada Ketua DPRD Kota Solok yang sudah mendukung sanggar lubuak saiyo dalam bidang seni musik tradisional.

“Tentunya kami sangat berterima kasih kepada buk Nurnisma yang telah mendukung sanggar kami dalam bentuk bantuan dana pembelian alat musik tradisional berupa satu set talempong,” ucap Kaslan.

Ia mengatakan dengan adanya bantuan itu, anggota Sanggar Lubuak Saiyo termotivasi dan bersemangat lagi untuk mengembangkan dan meningkatkan kreativitas dalam bidang seni musik tradisional.

“Kami perwakilan Sanggar Lubuak Saiyo meminta Ketua DPRD untuk hadir dan melihat secara langsung kegiatan yang kami lakukan di sanggar lubuak saiyo gurun bagan nantinya,” katanya.

Lain dari itu, Kaslan berharap anak muda masa kini untuk tetap peduli akan kebudayaan dan terus melestarikan.

Ia berharap nantinya banyak anak muda yang makin peduli akan kebudayaannya.

“Sebagai contoh terbentuk sanggar lubuak saiyo yang ada di gurun bagan kelurahan VI Suku yang merupakan contoh nyata dari pemuda – pemudi yang peduli akan kebudayaan dan melestarikannya,” kata Kaslan.

Penulis: Niko Irawan
Editor: M Ichsan