Wako Zul Elfian Buka Pelatihan Dasar Bagi 66 CPNS Solok

oleh -80 views
Sebanyak 66 peserta CPNS Solok mengikuti pelatihan dasar. (Foto: Ist) 

Patrolmedia.co id, Solok– Wali Kota Solok Zul Elfian Umar membuka tahapan pembelajaran klasikal pelatihan dasar (Latsar) bagi 66 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Solok Angkatan I dan Angkatan II Tahun 2021.Latsar kali ini munggunakan Metode Blended Learning.

“Latsar ini merupakan tahapan wajib dilalui oleh CPNS agar dapat diangkat menjadi PNS dengan status kepegawaian 100 persen,” kata Zul Elfian,
di Aula SKB Kota Solok, Rabu (20/10).

Ia mengatakan, pelatihan kali ini berbeda dari sebelumnya. Sebab, berdasarkan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang pelatihan dasar CPNS, penyelenggaraan pelatihan dasar harus dikemas lebih inovatif dan terintegrasi. Kemudian mampu memadukan pembelajaran klasikal dan non klasikal di tempat pelatihan dan ditempat kerja melalui metode Blended Learning.

“Pelatihan metode ini memungkinkan peserta mampu menginternalisasi, menerapkan, dan mengaktualisasikan serta menjadikan kebiasaan atau habituasi, sehingga terpatri dalam dirinya sebagai karakter PNS yang profesional sesuai tugas,” terang Zul Elfian.

Pemanfaatan proses pembelajaran Blended Learning merupakan pilihan yang tepat mencapai tujuan dan menghasilkan tugas sebagai pelayan publik dan pemersatu bangsa.

Plt Kepala BKPSDM Kota Solok, Hendaukhtri mengatakan, tahapan klasikal ini bersifat on campus selama 6 hari (angkatan I mulai tanggal 20 s/d 25 Oktober 2021 dan angkatan II mulai tanggal 23 s/d 28 Oktober 2021) bertempat di Rusunawa SKB Kota Solok.

“Solok daerah yang pertama kali (pilot project) difasilitasi BPSDM Provinsi Sumbar dalam penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS menggunakan metode Blended Learning ini,” kata Hendaukhtri.

Latsar itu diikuti 66 peserta terdiri dari, golongan III, 49 peserta dan golongan II, 17 peserta.

Tenaga pelatihan terdiri sari penceramah, pengajar, pendamping, pengelola dan penyelenggara serta penjamin mutu yang berasal dari Widyaiswara.

Tenaga pelatih juga datang dari pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrasi di lingkungan BPSDM Provinsi Sumbar.

Latsar itu dihadiri Kepala BPSDM Provinsi Sumbar, Bustavidia, Plt Kepala BKPSDM Kota Solok, Hendaukhtri, serta para Kepala OPD terkait. (Niko)