Jenderal Andika Perkasa Dilantik jadi Panglima TNI, Dudung Abdurachman Jabat KSAD

oleh -356 views
Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: Biro Pers, Media dan Informasi Setneg)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal  Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11) siang.

Disamping itu, Jokowi juga melantik Letnan Jenderal (Letjen) Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menggantikan posisi yang ditinggalkan Andika Perkasa.

Dudung yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), kini naik pangkat dari Letjen menjadi Jenderal bintang 4.

“Saudara Jenderal TNI Andika Perkasa…apakah bersedia saya ambil sumpah berdasarkan agama Islam,” ucap Jokowi jelang membacakan sumpah jabatan, dikutip dari CNNIndonesia.

“Bersedia,” jawab Andika.

Andika dilantik berdasarkan Keputusan Presiden nomor 106/TNI Tahun 2021.

Andika mengisi posisi Panglima yang ditinggalkan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun per November 2021.

Tokoh agama meletakkan Al Quran di atas kepala Andika selama pengambilan sumpah jabatan tersebut.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang harus diulang Andika.

“Saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” sambungnya.

Dengan aturan yang tertuang di Undang-Undang TNI saat ini, Andika hanya punya masa jabatan sekitar 13 bulan. Ia akan memasuki masa pensiun saat berusia 58 tahun pada November 2022.

Editor: M Ichsan