Usai Dihadang China, Filipina Tempatkan Kapal Militer di LCS

oleh -709 views
Ilustrasi kapal SSV Filipina buatan PT PAL Indonesia. (Foto: navalnews)

Patrolmedia.co,id – Filipina menempatkan kembali kapal suplai militer untuk pasukan TNI AL di Second Thomas Shoal (Ayungin Shoal), di wilayah Laut China Selatan (LCS) pada Minggu (21/11).

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan, ia telah meminta militer negara itu untuk mengirim kembali kapal mereka ke Second Thomas Shoal. Ia menyebut China tak bakal mengganggu kapal militer Filipina.

“China tidak akan mengganggu (penempatan militer tadi) menurut percakapan saya dengan Duta Besar China (Huang Xilian),” kata Lorenzana, dilansir CNN.

Lorenzana mengklaim ia dan Huang telah melakukan percakapan sejak Selasa (16/11), kala kejadian itu terjadi, hingga Sabtu (20/11).

Lorenzana juga menyampaikan tidak akan ada lagi kapal laut dan kapal coast guard yang menghalau Filipina jika negara itu ingin mengirimkan pasukan mereka ke wilayah Second Thomas Shoal.

“Mereka (China) tidak memiliki hak untuk menghalangi, mencegah, atau mengacaukan kapal kami yang berada di wilayah EEZ (Zona Ekonomi Ekslusif), mau kapal itu sedang memancing atau membawa perbekalan ke detasemen kami di Sierra Madre (kapal angkatan laut) di Ayungin Shoal,” tegas Lorenzana.

Sementara itu, Kedutaan China di Manila tidak merespons permintaan komentar Reuters.