PLN Batam Pastikan Pembangunan SUTT Nongsa Aman

oleh -1.024 views
Ilustrasi tower jaringan transmisi SUTT 150 KV PLN. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – bright PLN Batam menjamin pembangunan jaringan transmisi SUTT 150 KV Batu Besar-Nongsa Batam, aman dari radiasi maupun dampak lingkungan.

“Instalasi SUTT 150 kV yang sudah mendapatkan ijin pembangunan dan pengoperasiannya dipastikan aman baik dari sisi operasi maupun dari sisi manusia dan lingkungan sekitarnya,” kata Corporate Secretary bright PLN Batam, Hamidi Hamid, Rabu (19/1/2022).

Hamidi menjelaskan, pembangunan SUTT 150 KV sudah sesuai dengan lokasi yang disetujui AMDAL.

Hal itu berdasarkan izin Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Kota Batam, Nomor : 83/BAPEDAL/REKOM/UKL-UPL/VI/2015 tanggal 17 Juni 2015 perihal Rekomendasi Persetujuan UKL-UPL.

“Untuk itu kami (PLN Batam) diharuskan melakukan langkah pengamanan SUTT 150 kV untuk mewujudkan kondisi andal, aman bagi instalasi, bagi kondisi manusia dan makhluk hidup lainnya, serta kondisi ramah lingkungan, disekitar instalasi tenaga listrik,” kata Hamidi.

Terkait radiasi yang dikeluhkan warga, Hamidi menjelaskan SUTT 150 KV memiliki jarak bebas 13,5 meter dari permukaan tanah dengan tinggi maksimal bangunan 8 meter.

Sehingga jika ada rumah satu lantai setinggi 5 meter di bawah SUTT 150 kV, maka berdasarkan peraturan ini masih termasuk dalam batas aman.

Sedangkan untuk jalan raya jarak amannya yaitu 9 meter. Sementara itu jarak lokasi tower terdekat dengan rumah warga sekitar 6 meter dari batas area perumahan.

“SUTT 150 kV ini mempunyai radiasi pada medan magnet dan medan listrik pada frekuensi rendah. Hal itu diungkapkan IRPA (lnternational Radiation Protection Association), yang merupakan organisasi di bawah WHO (World Health Organisation). Salah satu wewenang dari IRPA adalah menetapkan standar batasan radiasi untuk berbagai macam radiasi,” paparnya.

“Berdasarkan penelitian besarnya radiasi pada jadingan SUTT 150 kV yang mengikuti standar ini masih dibawah radiasi medan magnetic yang dihasilkan oleh HP yang dipakai secara terus menerus,” sambung Hamidi.

Polda Kepri Amankan Pembangunan SUTT 150 KV Batu Besar-Nongsa di 5 Titik