PPGI Berencana Laporkan UAS ke Polisi Soal Dugaan Ujaran Kebencian

oleh -353 views
Ustaz Abdul Somad (UAS). 

Patrolmedia.co.id, Jakarta – Perhimpunan Pemuda Gereja Indonesia (PPGI) berencana melaporkan Ustaz Abdul Somad (UAS) ke polisi soal ceramahnya di Youtube yang diduga mengandung ujaran kebencian.

Ketua Umum PPGI, Maruli Tua Silaban keberatan dengan ceramah UAS yang menyebut ada jin di salib. Menurutnya, pernyataan Somad itu seolah mengolok-olok umat Kristiani.

“Video itu, dia (UAS) berkata bahwa di salib ada jin. Jin itu adalah jin kafir. Dia seolah-olah mengolok-ngolok agama kristiani,” kata Maruli kepada wartawan, Rabu (19/1/2022), dikutip dari CnnIndonesia.

Maruli sebelumnya sudah mendatangi Bareskrim Mabes Polri untuk membuat laporan
pada Rabu kemarin (19/1). Namun saat itu laporannya ditolak polisi karena belum cukup bukti.

Maruli berencana membuat laporan kembali, usai melengkapi bukti. Keinginannya itu dilakukan karema UAS dinilai telah mengganggu kenyamanan beragama.

“Kami harus menghadirkan 2 bukti, menurut kami perbuatan UAS itu telah memenuhi syarat karena secara nyata niat perbuatannya melanggar memasuki ajaran agama orang lain,” kata dia.

Selain Maruli, ada juga pihak lain yang melaporkan UAS soal dugaan ujaran kebencian di ceramah yang beredar di Youtube. Namun, ditujukan ke Polda Metro Jaya, bukan ke Bareskrim Mabes Polri.

“Ada juga laporan ke polisi terkait kasus yang sama. Termasuk di wilayah Polda Metro Jaya, tapi bukan PPGI. Kami kesini (Bareskrim Polri) ingin supaya ujaran kebencian ini ada sebuah sikap, kalau dibiarkan kenyamanan dalam berkeyakinan,” ujarnya.

Maruli menjelaskan, video yang ceramah di media sosial yang memperlihatkan UAS berkomentar terkait dengan salib. Video tersebut merupakan ceramah UAS beberapa tahun lalu.

Maruli juga menunjukkan salinan link ceramah UAS di unggahan video berjudul ‘Ustadz Abdul Somad hina salib kristen / Prediger Abdul Somad verachtet das christliche Kreuz’. Video itu diunggah pada 20 Oktober 2019. (Cdr)