Resmi Gabung di PAN, Yutris Can: Doakan Agar Bisa Menang di Pileg dan Pilkada 2024

oleh -1.302 views
Gabung di PAN Yutris Can jadi Ketua DPD PAN Kota Solok. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Solok – Setelah mundur dari Partai Golkar, akhirnya Yutris Can bergabung di PAN (Partai Amanat Nasional). Ia pun dipercaya menjadi Pimpinan DPD PAN Kota Solok.

Dengan berlabuhnya Yutris Can ke Partai berlambang matahari itu, akan berdampak pada perubahan peta politik kota Solok di Pemilihan Legislatif Kota Solok tahun 2024 mendatang.

Kini, Mantan Ketua DPRD Kota Solok 3 periode (2009-2014, 2014-2019, 2019-2020), Yutris Can, SE, resmi memimpin DPD PAN Kota Solok.

Hal itu tertuang dalam SK DPP PAN bernomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/117/IV/2022 tentang Perubahan Pertama Kepengurusan DPD PAN Kota Solok Periode 2020-2025.

“Alhamdulillah. Akhirnya kami memutuskan berlabuh di PAN. SK rencananya akan diserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPP PAN, Pak Epyardi Asda pada Jumat, 20 Mei nanti,” kata Boris.

Intinya, lanjut Boris, setelah hal ini resmi, pihaknya bakal langsung bergerak dan tak akan berhenti. Apalagi tahapan politik, berupa verifikasi Parpol, segera dimulai bulan depan.

“Doakan kami agar bisa membawa PAN sebagai partai pemenang di Pileg dan Pilkada 2024 nanti,” ucap Boris.

Penunjukan Yutris Can, SE, sebagai Ketua DPD PAN Kota Solok menjawab eskalasi politik yang terjadi di Kota Solok beberapa waktu belakangan ini.

Sempat menjalin komunikasi dengan sejumlah partai, akhirnya Boris, sapaan akrabnya, memilih PAN sebagai pelabuhan karier politik terbarunya.

Bergabung dengan PAN, Yutris Can diyakini bakal membawa angin segar di kontestasi politik Kota Solok, terutama jelang Pileg dan Pilkada 2024.

Berbekal pengalaman dan “gerbong” loyalisnya yang tetap bertahan, meski kalah di Pilkada 9 Desember 2020, Yutris Can tetap menjadi magnet politik yang sangat kuat.

Apalagi PAN merupakan partai pemenang kedua di setiap penyelenggaraan Pileg secara langsung sejak 2009.

Sementara, saat memimpin Golkar usai Pileg 2009, Yutris Can sukses menjadikan partai berlambang beringin 3 kali menjadi pemenang di Kota Solok (2009-2014, 2014-2019, 2019-2024).

Paduan Yutris Can dan PAN ini diyakini bakal membawa perubahan dahsyat di kontestasi politik Kota Solok.

Berlabuhnya Yutris Can, secara otomatis membawa perubahan di struktur kepengurusan DPD PAN Kota Solok.

Posisi Ketua sebelumnya, Angry Nursya, bergeser menjadi Sekretaris DPD. Posisi Sekretaris sebelumnya yang dijabat oleh Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng bergeser menjadi Wakil Ketua.

Satu-satunya posisi KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara) yang bertahan adalah posisi Ketua Komisi 1 DPRD Kota Solok, Rusdi Saleh, yang tetap sebagai Bendahara DPD PAN Kota Solok.

Dalam struktur kepengurusan DPD PAN Kota Solok saat ini, sejumlah tokoh politik senior dan barisan “loyalis” Yutris Can turut bergabung.

Tidak hanya dari Partai Golkar, tapi juga para politisi senior dari partai-partai besar di Kota Solok.

Struktur tersebut dipadu dengan wajah-wajah “lama” dari struktur kepengurusan DPD PAN sebelumnya.

 

Penulis: Niko Irawan
Editor: Erwin Syahril