BEI Membuka Sekolah Pasar Modal Untuk Umum, Cek Syarat dan Pendaftarannya

oleh -653 views

Lama waktu belajar dibuat satu hari selama 4 jam dari pagi hingga siang hari. Setelah menyelesaikan program level pertama, peserta lanjut ke level 2 pada hari yang sama yang diadakan 3 jam sejak siang hingga sore di hari yang sama atau bisa memilih hari lainnya.

Peserta level 2 ini dibuat untuk para investor pasar modal atau masyarakat umum yang sudah menyelesaikan program level 1.

Dengan materi pelajaran meliputi analisa fundamental, analisa teknikal, cara dan tips berinvestasi saham, dan simulasi transaksi saham. Peserta level 2 hanya perlu mendaftar tanpa harus membayar biaya pendaftaran.

Sekolah pasar modal juga disiapkan untuk masyarakat umum yang ingin mempelajari cara berinvestasi efek-efek syariah di pasar modal Indonesia. Materi yang dibagikan pada SPMS level 1 mengenai investasi syariah di pasar modal, mekanisme transaksi saham syariah dengan menggunakan Sharia Online Trading System (SOTS), dan Landasan fiqih investasi di pasar modal.

Biaya pendaftaran SPMS sama seperti SPM yaitu sebesar Rp 100.000 yang akan dikonversi menjadi modal transaksi awal untuk praktek berinvestasi di pasar modal syariah secara langsung.

Ada 2 hari yang bisa dipilih setiap minggu yaitu Rabu dan Sabtu pagi hingga siang hari selama 4 jam.

Sama seperti SPM, setelah menyelesaikan SPMS level pertama, peserta bisa melanjutkan SPMS level kedua pada hari yang sama, atau hari lainnya.

Karena peserta level kedua harus sudah menjadi investor atau telah menyelesaikan SPMS level pertama, maka peserta hanya perlu mendaftar tanpa harus membayar biaya pendaftaran.

Sebelum memasuki kelas sekolah pasar modal, setiap peserta diwajibkan menunjukkan bukti transfer dana ke virtual account yang telah diinformasikan saat pendaftaran online, dengan syarat menyerahkan foto copy KTP, foto copy NPWP dan bagi yang belum memiliki NPWP dapat membawa foto copy NPWP orang tua atau suami dan foto copy kartu keluarga.

Peserta juga menyerahkan foto copy halaman depan buku rekening tabungan dan Kartu AKSes atau trading confirmation transaksi saham khusus Peserta SPM level 2.

Sertifikat dan materi pendidikan dalam bentuk file digital akan dikirim via email, setelah peserta mengikuti secara lengkap SPM atau SPMS level 1 dan 2, serta telah melakukan transaksi jual beli saham.

Editor: Erwin Syahril
Sumber: Perwakilan BEI Kepri