Batam Jadi Kota Tanpa Kabel Listrik, PLN: Dukung Pemko Rapikan Kota

oleh -805 views
Batam jadi kota tanpa kabel listrik
Pemandangan di Welcome to Batam, Batam Center yang kini menjadi ikon Kota Batam. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – Batam jadi kota tanpa kabel listrik dan tak lagi bikin semrawut jalanan.

Impian itu bakal diwujudkan bright PLN Batam dalam rangka mendukung Pemerintah Kota (Pemko) dengan program penataan kota.

“Kedepan usaha ini terus kami kembangkan dalam mendukung Pemko rapikan kota yang mana sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu,” kata Vice Presiden of Publik Relation PLN Batam, Bukti Panggabean, melalui keterangan tertulisnya, Rabu (7/9/22).

Untuk mewujudkan Batam jadi kota tanpa kabel listrik, Bukti menjelaskan, PT PLN Batam berkomitmen memberi pelayanan terbaik dengan mempertahankan keindahan dan estetika Kota Batam.

PLN Batam terus berupaya dengan membangun jaringan under ground saluran kabel tegangan menengah (SKTM) untuk menyalurkan listrik.

“SKTM adalah kabel yang ditanam di dalam tanah, didesain sedemikian rupa untuk mengurangi berbagai gangguan yang ada di tanah,” katanya.

Karena itu, kata Bukti, tidak adanya jaringan kabel listrik di sisi kanan dan kiri jalan yang membedakan Batam dengan kota lain di Indonesia.

Berbeda dengan kota lain yang jaringan listriknya terlihat semrawut dan merusak estetika kota itu sendiri.

“Terkait dengan itu, jaringan listrik PLN Batam yang SKTM ada 1678,48 kms atau ini setara dengan 95% jaringannya sudah menggunakan kabel bawah tanah,” ujarnya.