Menko Airlangga Bawa Dubes AS dan Kanada ke Batam, Promosikan Potensi KEK

oleh -484 views
Menko Airlangga Bawa Dubes
Menko Airlangga didampingi Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengajak Dubes AS dan Kanada ke kawasan ekonomi khusus KEK di Nongsa dan Batam Aero Technic. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – Menko Airlangga bawa Dubes Amerika Serikat (AS) Sung Y Kim dan Dubes Kanada Nadia Burger ke Batam meninjau peluang investasi.

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartanto yang juga Ketua Dewan Kawasan KPBPB Batam itu mengatakan, kunjungannya ke Batam bersama kedua Dubes guna mempromosikan potensi dan kapasitas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park dan KEK Batam Aero Technic yang siap menerima investasi dari AS dan Kanada.

“Salah satu unggulan yang didorong oleh kementerian koordinator bidang perekonomian adalah Batam,” kata Airlangga dalam rangkaian kunjungannya di Batam, Jum’at (4/11/2022).

Menurutnya, Batam merupakan kawasan khusus (KPBPB) dan lebih berpotensi menarik investor dan mengembangkan digital talent, mengingat tersedianya studio animasi dan studio alam di Kawasan Nongsa Digital Park, seperti halnya studio film di Vancouver Kanada.

Airlangga mengajak Sung Y. Kim meninjau langsung kesiapan KEK di Batam untuk showcase bahwa Indonesia siap menerima investasi di berbagai usulan proyek yang telah dibahas pada kunjungan kerja di Washington DC dan mewujudkan komitmen Pemerintah AS terkait alokasi dana program CHIPS.

Airlangga juga mengajak Dubes Kanada, Nadia Burger meninjau kesiapan KEK di Batam kalau Indonesia siap menerima investasi pengembangan industri semikonduktor, digital talent, dan sektor lainnya.

Selain ke Kawasan Nongsa Digital Park dan
KEK) Batam Aero Technic, Airlangga mengajak kedua Duda Besar itu berkunjung ke PT Satnusa Persada, pemasok papan sirkuit cetak dan perakitan suku cadang mekanik dan pembuatan komponen elektronik terbaik dengan salah satu produk ekspor smarthphone dan CHIPS.

Hal itu merupakan tindaklanjut dari rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) IPEF tanggal 8-9 September 2022.