Wako Solok Hadiri Pomnas ke-17 Cabang Taekwondo

oleh -63 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Wako Solok yang juga Ketua Umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Sumatera Barat (Sumbar), Zul Elfian Umar menghadiri Pekan Olahraga Nasional Mahasiswa (Pomnas) XVII Cabang Taekwondo, Di Politeknik ATI Padang, Sabtu (19/11/22).

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Letjen TNI (Purn) H. Thamrin Marzuki, Sekjen PBTI, Tb. Indra Mulia Zuhri serta unndangan lainnya.

Pomnas XVII Cabang Taekwondo ini digelar dari Tanggal 18 sampai 21 November 2022.

Thamrin mengatakan, Pomnas ini telah lama tidak dilakukan karena pandemi Covid-19 dan terakhir kali dilakukan pada tahun 2019 lalu.

Dijelaskannnya, PBTI saat ini tengah berupaya mencari atlit-atlit yang berpotensi dan profesional untuk membela Indonesia dalam kejuaraan dunia.

” Dengan pembinaan atlit sejak usia dini, PBTI menargetkan untuk membawa Indonesia dalam posisi 5 besar dalam event dunia. Untuk itu, kami berharap seluruh Ketua Pengurus Provinsi TI untuk selalu memberikan support terhadap event-event yang diikuti,” ujarnya.

Seperti diketahui, Acara POMNAS ini berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 17 sampai 26 November dengan tuan rumah Universitas Negeri Padang (UNP). POMNAS ke-17 Sumbar ini mempertandingkan 14 cabang olahraga (Cabor) yaitu Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Pencak Silat, Petanque, Tarung Derajat, Tenis, Renang, dan Sepak Takraw. Kesembilan cabor ini digelar di Kampus UNP.

Sementara cabor Taekwondo dan Karate dilangsungkan di Kampus Akademi Teknologi Industri Padang. Sedangkan untuk cabor Bulu Tangkis dan Panjat Tebing pelaksanaannya di Kampus Universitas Andalas.

Mendikbudristek RI, Nadiem Anwar Makarim saat pembukaan POMNAS, Kamis (17/11/22) mengatakan, Kita harus selalu ingat bahwa mahasiswa di seluruh Indonesia berhak untuk mengembangkan bakat dan minatnya, termasuk di bidang olahraga.

“Karena itulah kegiatan kompetisi olahraga seperti POMNAS penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi,” sebut Nadim.

Tema POMNAS tahun ini adalah “Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas” dengan moto “Hebat, Bersahabat, Terhormat”. Peserta POMNAS ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia. (Abak)