Imigrasi Batam Gelar Upacara Peringatan Hari Bhakti ke 68

oleh -888 views

Patrolmedia.co.id, Batam – Tanggal 26 Januari merupakan hari yang bersejarah untuk Imigrasi, dimana tanggal tersebut, ditetapkan sebagai Hari Bhakti Imigrasi.

Karena itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam turut melaksanakan upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 68 pada Jum’at (26/1/2018) pukul 07.00 Wib pagi, di depan gedung Imigrasi, Batam Center.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto mengatakan, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia telah melakukan terobosan baru untuk meningkatkan sistem dan pelayanan Imigrasi yang ada diseluruh Indonesia.

“Tahun 2018, Direktorat Jenderal Imigrasi memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke-68 dengan tema IMIGRASI e-Gov PASTI SMILE,” kata Lucky dalam sambutannya.

Lucky melanjutkan, selain meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam juga memperkuat sektor penegakan hukum.

“Tahun kemarin kita sudah melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian terhadap 142 WNA dan pro justitia terhadap 2 WNA yang melanggar peraturan perundang-undangan di Indonesia,” jelasnya.

Saat konferensi pers dilantai 2 ruang media center kantor Imigrasi, Lucky menyampaikan serangkaian kegiatan memeriahkan Hari Bhakti.

Sebelumnya, Imigrasi Batam sukses menggelar sejumlah agenda sosial dan program “bulan paspor simpatik” atau bulan dimana pelayanan Pembuatan Paspor RI Khusus (e-Paspor) diadakan di akhir pekan yakni di hari Sabtu dan Minggu, selama satu bulan.

“Bulan paspor simpatik ini kita mulai sejak 23 Desember 2017 lalu, sampai 21 Januari 2018 kemarin. Untuk pelayanannya kita buka di Mall Kepri dan di kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam. Kuota terbatas dan syarat ketentuan berlaku,” katanya.

“Setiap weekend layanan ini selalu ramai dan kuota selalu penuh, karna animo masyarakat juga tinggi,” sambungnya.

Lucky mengungkapkan, hal itu dilakukannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar bagi yang belum sempat membuat paspor di hari kerja, dalam program ini bisa membuat paspor diakhir pekan.

“Ini upaya kita mendekatkan dan meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” katanya.

Selain itu, pihaknya bersama Dharmawanita Persatuan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam juga melaksanakan serangkaian kegiatan Bakti Sosial berupa santunan kepada anak yatim di panti asuhan Bengkong.

Selanjutnya, mengadakan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Batam, mengadakan olah raga seperti senam ceria, tenis meja hingga jalan santai. Kegiatan diakhir yakni tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Batu Aji Batam pada Rabu (24/1/2018) lalu.

“Untuk hasil donor darah kemarin, terkumpul sebanyak 30 Kantong darah,” katanya.

Tak sampai disitu, Imigrasi Batam juga memberi sosialisasi Keimigrasian kepada mahasiswa Batam Tourism Politeknik (BTP).

“Antusias mahasiswa cukup besar, karena BTP ini kan merupakan perguruan tinggi yang juga melakukan On Job Training (OJT) keluar negeri, memang sangat memerlukan informasi terkait keimigrasian ini,” tuturnya.

Sekedar tambahan, kegiatan tersebut dilakukan serentak di seluruh Kantor Imigrasi di Indonesia, sebagai rangkaian Kegiatan dalam memeriahkan Hari Bakti lmigrasi ke 68.

Puncak dari rangkaian kegiatan itu berupa upacara peringatan yang juga digelar secara serentak di seluruh UPT Imigrasi di Indonesia, tak terkecuali Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.

Upacara peringatan itu dihadiri seluruh instansi terkait baik FORKORPIMDA maupun counterpart serta insan pers. (Erwin)