70 Warga Galang Ikut Penyuluhan KB Kesehatan di Program TMMD 104 Kodim Batam

oleh -1.210 views
Sebanyak 70 warga desa Kertang dan Sembulang menyimak penyuluhan KB Kesehatan di program TMMD 104 Kodim Batam. (Foto: Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Batam – Sebanyak 70 warga kampung Kertang dan Sembulang di Kecamatan Galang, Batam, mengikuti penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kesehatan melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 Kodim 0316 Batam 2019.

Penyuluhan itu satu dari kegiatan lainnya pada sasaran non fisik program TMMD. Penyuluhan KB Kesehatan digelar di kantor Kecamatan Galang Batam, Senin siang (18/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Satgas TMMD mendatangkan pemateri dr Titi dari Puskesmas Galang, Dinas Kesehatan Kota Batam untuk memaparkan manfaat warga mengikuti program KB.

“Warga Kertang dan Sembulang kita berikan pemahaman mulai dari pengertian kontrasepsi, apa saja manfaatnya dan syarat-syarat mengikuti program KB ini,” ujar dr. Titi, seusai memberi materi KB di Kantor Kecamatan Galang, Batam.

Satu diantaranya, Titi memapar jenis kontrasepsi yang sering digunakan seperti kontrasepsi permanen dan non permanen.

“Kontrasepsi sendiri artinya mencegah pembuahan sel telur oleh sperma sehingga tidak terjadi kehamilan,” terangnya.

Titi menjelaskan, pada wanita, kontrasepsi permanen disebut dengan tubektomi, yaitu pemotongan saluran tabung Fallopi (oviduk).

Baca juga:

Tim Wasev Mabes AD ke Batam Tinjau Program TMMD 104 di Galang

Satgas TMMD Beri Penyuluhan Mitigasi Bencana Puting Beliung ke Warga Kuala Buluh

Cegah TBC, Satgas TMMD Beri Penyuluhan ke Warga Sembulang Batam

TMMD 104, Pengerjaan Jalan 9 Sasaran di Galang Batam Capai 56,88%, Ini Rinciannya