Cuma 4 Jam, KN Pulau Marore 8002 yang Sempat Kemasukan Air Berhasil Diatasi

oleh -3.008 views
Penampakan KN Pulau Marore 8002 milik Bakamla RI yang terparkir dermaga Sei Binti Citra Shipyard. Kondisi kapal sudah prima. (Foto: Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Batam – Kapal milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI bernama KN Pulau Marore 8002 yang hampir tenggelam akibat kemasukan air pada Jum’at (22/2/2019) lalu, akhirnya berhasil diatasi kurang dari 4 jam.

KN Pulau Marore 8002 itu merupakan satu dari 3 kapal karya anak bangsa yang diproduksi PT Citra Shipyard Batam pesanan Bakamla RI.

“Benar ada peristiwa air masuk, itu kejadian diluar dugaan (force majeure) kami, tapi sudah teratasi tak lebih dari 4 jam, air sudah secepatnya dikeringkan,” kata General Manager PT Citra Shipyard, Abi, saat ditemui dikantornya, Sei Lekop, Tanjunguncang, Sagulung, Batam, Jum’at (29/3/2019).

Kronologisnya, lanjut Abi, sekitar pukul 11.35 Wib, para pekerjanya tengah menunaikan ibadah sholat Jum’at di Masjid yang berada di luar area galangan kapal.

Saat ditinggalkan, ternyata air mulai masuk melalui Graving Dock kapal sehingga kapal menjadi miring dan berat sebelah kanan.

Menurut Abi, saat kejadian, air laut sedang pasang besar dan menyebabkan pintu Graving Dock terangkat, sehingga air masuk melalui celah di bawah pintu Graving Dock.

Lihat juga:

Diserahterimakan, Kapal Kadet V-06 dan V-07 Siap Perkuat TNI AL

TNI AL Luncurkan 3 Kapal Perang, Dipersiapkan Menjaga Kedaulatan NKRI

Lantamal IV Tangkap Kapal Tanker Bermuatan 1.497,8 Ton Solar Berbendera Malaysia

KRI Bung Tomo-357 Tangkap Kapal Ikan Asal Vietnam di Laut Natuna