2.000 Anggota HKTI Batam Bakal Didaftarkan ke Program BPJS Ketenagakerjaan

oleh -1.043 views
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya Surya Rizal menyerahkan kartu peserta secara simbolis kepada anggota HKTI Batam. (Foto: Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Batam – Lebih dari 2.000 anggota Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Kota Batam bakal didaftarkan ke dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam-Nagoya Surya Rizal mengatakan pihaknya berkewajiban untuk memperluas cakupan kepesertaan diwilayah kerjanya.

“Sesuai data, anggota HKTI di batam mencapai 2.000 orang. Ini tentunya tugas kami memberi edukasi pentingnya program dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan ke para petani yang tergabung di HKTI,” ungkap Surya usai membuka Sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dan Penandatanganan Kerjasama dengan HKTI Kota Batam, di hotel Harmoni One Batam Center, Selasa (6/8/2019).

Surya menjelaskan, anggota HKTI rata-rata lebih banyak bergerak di bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM). Artinya, mereka tergolong ke sektor bukan penerima upah (BPU) atau pekerja mandiri.

“Nantinya mereka akan mengikuti minimal 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm). Untuk program Jaminan Hari Tua (JHT), itu sifatnya opsional,” katanya.

Pada sosialisasi tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Batam-Nagoya memapar mulai dari pendaftaran, mengikuti program, hingga besaran manfaat yang akan didapat.

Surya menambahkan, dengan adanya kerjasama dengan HKTI, diharapkan seluruh anggotanya terlindungi dari resiko sosial.

Baca juga: