Rumahnya Direnovasi, Mbah Jaitun Terharu dan Bahagia

oleh -530 views
Kondisi rumah mbah Jaitun setelah direnovasi satgas TMMD ke 105. Mbah Jaitun salah satu penerima program RTLH. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Trenggalek – Kebahagiaan dan haru biru dirasakan mbah Jaitun, (80), warga Dusun Nitri, Desa Sumurup, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur bahagia. Sebab, rumahnya kini sudah di renovasi melalui program TMMD ke 105.

Setelah di renovasi Satgas TMMD, rumah milik mbah Jaitun berubah total.

“Alhamdulillah, rumah saya lebih bagus dan lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Jaitun, Sabtu, (10/8/2019).

Zaitun menceritakan, jauh sebelum di renovasi, kondisi rumah yang ia temoati jauh dari layak, seakan menimbulkan rasa cemas bagi dirinya, terlebih ketika memasuki musim penghujan.

“Kalau hujan, atap rumah bocor. Ya maklum saja pak, atap genting saya hanya dari daun kering,” ungkapnya.

Dandim 0806/Trenggalek, Letkol Inf Dodik Novianto mengatakan penetapan rumah milik Jaitun untuk dijadikan sasaran pelaksanaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dinilai sangat tepat.

Sebab, selain kondisi rumah yang tidak memungkinkan, banyaknya saran dari warga sekitar pun, seakan menjadi pertimbangan bagi pihak pelaksana program TMMD.

“Mulai dari Kepala Dusun, hingga Kepala Desa. Semuanya kita kumpulkan untuk kami mintai saran. Selesai itu, kita lakukan kroscek ke lokasi. Alhamdulillah, rumah mbah Jaitun saat itu masuk kategori RTLH dalam program TMMD,” pungkasnya.

Editor: Fatmi Rahim
Sumber: Kodim Trenggalek