Tingkatkan Keandalan, PLN Batam Maksimalkan PLTU Tanjung Kasam

oleh -564 views
Teksini PLN Batam memeriksa kerusakan mesin PLTU Tanjung Kasam. (Foto: Ist) 

Patrolmedia.co.id, Batam – Untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik Batam dan Bintan,
bright PLN Batam terus menjaga unit-unit pembangkitnya agar beroperasi dengan baik, salah satunya dengan memelihari secara rutin mesin Pembangkit Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam berkapasitas 1×55 MW, agar dapat maksimal.

Vice President of Public Relations PT PLN Batam Bukti Panggabean menjelaskan, kegiatan itu merupakan pemeliharaan (minor inspection) yang dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali per unit, agar mesin pembangkit dicTanjung Kasam bekerja optimal.

Pemeliharaan PLTU Tanjung Kasam dijadwalkan berlangsung 12 hari mulai 8 hingga 19 Mei 2022.

“Kami berusaha mempercepat waktu pemeliharaan PLTU agar kurang dari 12 hari , cadangan daya tetap terjaga dan mencukupi”, kata Bukti, Rabu (11/5/22).

Ia mengatakan, pemeliharaan itu diupayakan tidak mengganggu stabilitas sistem kelistrikan. Dalam artian, tidak berdampak kepada pelanggan dengan beberapa catatan konsumsi pemakaian energi listrik masyarakat tidak mengalami kenaikan, kondisi cuaca tidak panas.

“Sehingga kondisi kelistrikan masih cukup walau cadangan daya sangat kecil dan sebaliknya jika terjadi pemadaman hal itu dipicu dengan adanya kenaikan beban di sistem ketenagalistrikan Batam-Bintan,” terangnya.

Bukti menambahkan, untuk mendapatkan informasi, pelanggan dapat menghubungi contact centre PT PLN Batam 123 dari telepon rumah atau 0778-123 dari handphone

Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses situs resmi PLN di www.plnbatam.com pada menu informasi pemadaman atau media sosial PT PLN Batam.

“Untuk mengurangi dampak terjadinya pemadaman, kami menghimbau para pelanggan hemat menggunakan listrik selama pemeliharaan, misalnya mematikan lampu, dan alat elektronik jika tidak dipergunakan,” katanya. (Erwin)