BEI Membuka Sekolah Pasar Modal Untuk Umum, Cek Syarat dan Pendaftarannya

oleh -684 views
Ilustrasi peserta pasar modal mengamati layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta. (Foto: Antara)

Patrolmedia.co.id, Jakarta – BEI membuka Sekolah Pasar Modal (SPM) untuk umum, khususnya para pemula yang ingin terjun ke dunia investasi.

BEI membuka Sekolah Pasar modal untuk menarik minat masyarakat berinvestasi di pasar modal, artinya mau untuk memulai berinvestasi dan memahami dunia investasi dengan baik.

SPM ini akan menyajikan pelajaran dasar dan lanjutan bagi investor.

SPM merupakan program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Adapun jenis SPM yang diselenggarakan yakni pertama, SPM Rutin dan SPM Syariah. Kedua, Sekolah Pasar Modal Online dan ketiga Sekolah Pasar Modal Institusi dan Komunitas.

Dalam menyelenggarakan SPM Reguler dan SPM Online, BEI bekerja sama dengan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI)

Bagi masyarakat umum yang berminat menjadi peserta SPM bisa daftar secara online di www.sekolapasarmodal.idx.co.id.

Selain itu, setiap Kantor Perwakilan BEI juga menyelenggarakan SPM secara rutin yang jadwalnya bisa dilihat di @idx_event dan untuk pendaftarannya dapat dilakukan melalui link yang telah disiapkan.

SPM ini terdiri dari 2 level. Setiap peserta SPM akan mendapatkan sertifikat kegiatan apabila telah mengikuti secara lengkap level 1, level 2 atau workshop investasi, dan telah melakukan transaksi jual beli saham minimal satu kali transaksi.

Materi level pertama meliputi gambaran umum tentang investasi di pasar modal Indonesia, penjelasan mengenai saham dan mekanisme perdagangan saham, penjelasan mengenai kartu identitas investor dan penjelasan mengenai pembukaan rekening saham.

Peserta bisa mendaftar melalui website BEI dengan mendaftar biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu. Nantinya, dalam program ini peserta akan mendapat modal awal sebesar Rp100 ribu untuk memulai investasi saham. Artinya modal yang dibayar akan dikembalikan dalam bentuk dana pembelian saham.