PLN Batam dan PT Tamarin Teken MoU Penyediaan Listrik KEK Nongsa

oleh -292 views
PLN Batam
PLN Batam bersama PT Tamarin tandatangani MoU pengelolaan listrik kebutuhan data center KEK Nongsa. (Foto: Ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – PLN Batam bersama PT Tamarin (Taman Resor Internet) meneken MoU kerjasama Penyediaan & Pengelolaan Tenaga Listrik Untuk Mendukung Kebutuhan Listrik Data Center di KEK Nongsa.

Nota Kesepahaman itu ditandatangani Dirut PLN Batam Irwansyah Putra dan Direktur Utama PT Tamarin Michael Kristian Wiluan di Nongsa Point Marina aJumat, 28 Oktober 2022.

Mou itu untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan supply Listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa yang ditetapkan berdasarkan PP 68 Tahun 2021 sebagai kawasan pengembangan IT Digital dan sektor pariwisata yang terintegrasi.

Irwansyah Putra mengatakan, pasca Pandemi Covid 19 pertumbuhan ekonomi Batam mulai tancap gas sejalan dengan pertumbuhan penjualan listrik Batam yang naik pesat.

“Terhitung untuk hingga September tahun 2022 ini pertumbuhan penjualan listrik telah menyentuh angka hampir 15.46%,” kata Irwansyah.

Bisa dikatakan, lanjutnya perutumbuhan listrik di Batam menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Hingga saat ini beban puncak di Batam sudah mencapai 542 MW.

Padahal, berkaca dari data beban puncak pada tahun sebelumnya, kenaikan pada semester I 2022 ini sangat besar, mengingat pada tahun 2019 tercatat sebesar hanya 457 MW, tahun 2020 naik menjadi 465 MW, sedangkan sepanjang tahun 2021 hanya naik 15 MW menjadi 480 MW.

“Kenaikan beban puncak itu menurutnya patut kita isyukuri karena pertanda animo perekonomian mulai tumbuh, tentunya harus didukung,” ucapnya.

Irwansyah juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk komunikasi dan kerjasama yang terjalin dengan baik antara PT PLN dan PT Tamarin.

PT PLN Batam, senantiasa berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat baik dalam hal pemenuhan kebutuhan energi listrik, maupun pelayanan yang baik kepada masyarakat.