Hari Pahlawan, Para Pejuang Sebagai Perintis Kemerdekaan Indonesia

oleh -539 views
Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November. (ist)

Patrolmedia.co.id, Batam – Kapolda Kepri memimpin upacara peringatan hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Upacara dilaksanakan di lapangan Mapolda Kepri pada
Jum’ at 10/11/2017) pukul 07.00 wib.

Peringatan hari Pahlawan 10 November Tahun 2017 bertajuk “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Sam Budigusdian menyampaikan, untuk mengenang para pahlawan sebagai perintis kemerdekaan, dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolekif yang telah dilakukan, menjadikan masyarakat Indonesia bebas dari penjajah dan dinyatakan sebagai bangsa yang merdeka.

“Hari pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya,” ujar Sam, Jum’at (10/11/2017).

Sam mengatakan, perjuangan para pahlawan pendahulu telah mengajarkan keteladanan akan rela berkorban terhadap generasi penerus.

“Rakyat Indonesia saat ini sudah menikmati kemerdekaannya, kita bersyukur hidup di zaman yang damai,” katanya.

Dikatakan pula, pada 28 Oktober 1928, seluruh pemuda Indonesia meluluhkan ego-ego kedaerahan, kelompok, ras dan golongan untuk menyatakan dan berikrar sebagai satu tanah air indonesia, Bangsa Indonesia dan bahasa indonesia.

Ikrar kebangsaan inilah yang memberi spirit pengorbanan persatuan wanita indonesia melalui kongres wanita indonesia tahun 1928 selaras dengan perjuangan RA Kartini, untuk memberi pendidikan modern dan kebangsaan bagi rakyat nusantara sebelum sumpah pemuda dicetuskan.

“Ikrar bangsa kita inilah yang memberi semangat pada pemuda Wage Rudolf Supratman untuk memperdengarkan pertama kalinya sebuah lagu yang selanjutnya menjadi lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam pertemuan sumpah pemuda 1928,” ucap Sam. (Chandra/R)