TNI AD, AL, dan AU Siap Bantu Polri Amankan Pemilu 2019 di Batam

oleh -1.060 views
Dandim 0316 Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana memeriksa kesiapan pasukan TNI dalam pengamanan Pemilu 2019 di Batam. (Foto: Patrolmedia)

Patrolmedia.co.id, Batam – Memasuki tahapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019, Gabungan TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Laut (AL), dan TNI Angkatan Udara (AU) di Batam, siap membantu Kepolisian menghadapi potensi kerawanan ancaman Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316 Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana saat memimpin Gelar Apel Kesiapan Pasukan TNI di Makodim 0316/Batam, Senin pagi (11/3/2019).

“TNI sudah dalam kondisi yang siap membantu kepolisian untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019,” kata Romel.

Romel mengatakan apel gelar pasukan gabungan TNI AD, AL, dan AU merupakan kesiapan para personel jelang memasuki pesta demokrasi.

Romel mengingatkan seluruh personel melihat kembali aturan, fungsi dan tugas TNI melalui terbitan buku pelibatan TNI dalam mengamankan Pemilu 2019 yang dikeluarkan Mabes TNI, untuk dipedomani.

“Dibuku sudah dijelaskan semua, sehingga ditugas pengamanan nanti sudah sesuai protab dan tidak melenceng dari aturan yang ada,” jelasnya.

Dalam pengamanan Pemilu, TNI tetap dibawah koordinasi Polri.

Romel menekankan, tugas TNI mengawasi jalannya pemilu. Hanya, jika ditemukan potensi kerawanan yang dianggap diluar batas, TNI akan siap mengamankan dengan berkoordinasi dengan kepolisian dan selanjutnya kepolisian lah yang akan menindaklanjuti.

“Jika potensi itu sifatnya berintensitas tinggi, kepolisian akan berkoordinasi meminta bantuan dengan TNI,” sambung Romel.

Kemudian, dalam pelibatan TNI sebagai pengawasan juga sudah diberikan jarak dari lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga: 

Rapim TNI-Polri, Polda Kepri Siap Amankan Pemilu 2019 yang Damai dan Sejuk

Bawaslu Batam Ingatkan Caleg Tak Boleh Iklan Kampanye di Media

KPU Cetak Surat Suara Pemilu 2019 di Sejumlah Daerah