Galeri 88 Diresmikan, Wako Solok: Bisa Tingkatkan Pendapatan Pelaku UMKM

oleh -182 views

Patrolmedia.co.id, Solok – Wali Kota Solok Zul Elfian meresmikan Galeri 88 di Km 2 Jalan Lingkar Utara, Kelurahan Kampung Jawa, Rabu (3/2/2021).

Galeri 88 didirikan untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat, dan pelaku usaha mikro kecil Menengah (UMKM) di Solok ditengah pandemi Covid 19.

“Kita berharap melalui Galeri 88 ini saya berharap bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan pelaku UMKM ,” ujar Zul Elfian.

Zul Elfian mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Dirjen Cipta Karya yang telah membantu permasalahan kota dalam mengatasi pemukiman kumuh di Solok melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Ia juga meminta pengelola bisa memaksimalkan potensi Galeri 88. Sedangkan OPD terkait agar memberikan bimbingan dan pendampingan.

“Kedepan, produk yang ada di Galeri 88 harus selalu berinovasi. Jangan sampai produknya berhenti dan cuma itu-itu saja,” kata Zul Elfian.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumbar Darpito Kusworo mengatakan, Kementerian PUPR bertekad mewujudkan 0% kawasan kumuh dengan program Kotaku.

“Kotaku sebagai usaha peningkatan kehidupan warga berbasis komunitas. Adapun sasaran utamanya ialah masyarakat berpenghasilan rendah di kawasan kumuh,” katanya.

Pada Tahun 2020, Kota Solok mendapatkan 2 paket bantuan di Kelurahan Kampung Jawa berupa 1 unit Galeri dan 2 unit rumah produksi. Paket kedua di Kelurahan Tanah Garam untuk Kawasan Payo.

Darpito mengatakan program Kotaku hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur. “Selanjutnya untuk melengkapi semua fasilitas diharapkan dari APBD daerah masing-masing,” katanya.

Ia juga berterimakasih kepada Wali Kota Solok yang telah memberikan pendampingan dan membantu program Kotaku.

“Kita berharap pelaksanaan program ini berjalan sukses,” katanya.

Seperti diketahui, Galeri 88 ini juga difasilitasi 2 unit dapur produksi.

Galeri 88 merupakan rogram dari Balai Prasarana Pemukiman dan Wilayah Sumbar untuk Kota Solok.

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Wali Kota Solok Zul Elfian dan pengguntingan pita oleh Ketua Dekranasda Kota Solok Zulmiyetti Zul Elfian dan Ketua GOW Kota Solok Elfia Reinier.

Acara itu dihadiri Ketua DPRD Kota Solok diwakil Nasril In Dt.Malintang, Forkopimda Kota Solok, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Solok, Camat, Lurah, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.

Penulis: Niko Irawan
Editor: Yogi Subroto